Follow Us

Ditekan YouTube, Apple Tarik Aplikasi ProTube dari App Store

Bagus Hernawan - Selasa, 05 September 2017 | 14:54
Ditekan YouTube, Apple Tarik Aplikasi ProTube dari App Store

ProTube, aplikasi pihak ketiga untuk akses YouTube di perangkat iOS dengan beragam fitur tambahan ini akhirnya diturunkan dari App Store. Jonas Gessner, pengembang aplikasi ini merasa sangat kecewa dengan keputusan yang diambil Apple karena permintaan YouTube. Dalam catatan tersebut dijelaskan bahwa ProTube melanggar ijin penggunaan konten YouTube di aplikasinya. Dia juga mencatatkan bahwa YouTube sudah menekan Apple sejak tahun lalu untuk menghapus ProTube.

YouTube first requested Apple to remove my app well over a year ago, initially just stating that my app violates their Terms of Service. This was a generic takedown request they sent to many YouTube apps at once. They later started going into more detail, even stating that I could not sell the app as that alone violates their ToS.

Masih dari laman sumber berita, Jonas beropini bahwa YouTube tidak ingin ProTube lebih terkenal dari pada layanan YouTube RED. Ya, ini karena beberapa fitur istimewa di ProTube seperti memutar video 4K 60fps, background playback dan audio only bisa kamu dapatkan dengan cara membeli aplikasi ini seharga $4.99 di App Store. Kini fitur yang sama harus kamu dapatkan dengan berlangganan YouTube RED di harga $9.99 setiap bulan.


Baca Juga:


Jonas juga menjelaskan bahwa dia punya 3 opsi yang sudah dipikirkan untuk ProTube. Pertama adalah menghapus semua fitur istimewa yang digunakan dan membuat aplikasi ini menjadi gratis. Namun tentunya hal ini akan membuat para pembeli ProTube sejak 3 tahun lalu sangat kecewa. Dia juga sudah mencoba untuk melakukan negosiasi dengan YouTube namun tidak berhasil. Langkah terakhir yang diambil adalah menurunkan aplikasi ini dari App Store dengan catatan para pembeli sebelumnya masih bisa mengunduh dari bagian Purchased. Pengembang aplikasi ProTube juga berjanji akan segera merilis update ProTube versi terakhir untuk mendukung iOS 11 jika memungkinkan.

Bagi kamu yang belum pernah mengunduh ProTube, awas jangan sampai tertipu! Karena sekarang sudah banyak sekali aplikasi tiruan dengan nama yang mirip dan tidak menggunakan fitur seperti ProTube asli buatan Jonas Gessner.

[source site_name = “ProTube” site_url = “https://jonasgessner.com/protube2-statement.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest