Follow Us

Craig Federighi Jelaskan Cara Mematikan Face ID di Kondisi Darurat

Bagus Hernawan - Jumat, 15 September 2017 | 19:35
Craig Federighi Jelaskan Cara Mematikan Face ID di Kondisi Darurat

Sistem keamanan Face ID di iPhone X masih memberikan beberapa pertanyaan mendasar dari para Apple Fanboy. Terutama bagian keamanan, misalkan dalam kasus pencurian atau mungkin penodangan. Karena hingga 3 November 2017 perangkat iPhone X belum dijual oleh Apple, sejumlah pengguna masih menebak-nebak seputar bagian keamanan dari Face ID. Namun Keith Krimbel melakukan sebuah hal yang cukup kreatif, dia mengirim email langsung kepada Craig Federighi (Apple SVP Software Engineering) dengan beberapa pertanyaan seputar Face ID.

Salah satu pertanyaan yang dia berikan pada Craig adalah seputar keamanan Face ID. Ambil contoh kamu diminta menyerahkan iPhone X kepada pencuri atau mungkin pihak polisi yang ingin mengambil data pribadi kamu dan dipaksa untuk menatap layar (membuat kuncian Face ID). Craig menjelaskan, pengguna iPhone X dapat mematikan fitur Face ID dengan cepat lewat cara menekan tombol di sisi kiri dan kanan iPhone X yaitu Volume Button Up dan Volume Button Down serta Side Button. Dengan cara tersebut Face ID akan masuk dalam mode disable, iPhone X hanya bisa dibuka menggunakan Passcode Lock.

If you grip the buttons on both sides of the phone when you hand it over, it will temporarily disable Face ID.

Pertanyaan kedua yang diberikan kepada Craig adalah seputar pengguna perangkat iPhone yang memakai kacamata. Apakah Face ID mampu memetakan wajah pengguna dengan 30 ribu titik IR secara akurat dan tetap mengenalinya meskipun menggunakan kacamata? Jawabannya cukup mengejutkan yaitu Face ID tetap dapat berfungsi dengan lancar untuk sebagian besar kacamata.

Baca Juga:

  • Apple Klarifikasi Isu Face ID Gagal Digunakan Saat Apple Event
  • Senat AS Pertanyakan Privasi dan Sistem Keamanan Face ID
“With most, but not all. Most sunglasses let through enough IR (Infra-red) light that Face ID can see your eyes even when the glasses appear to be opaque. It’s really amazing!”

Sesuai dengan kutipan di atas, sebagian besar lensa kacamata hitam tetap dapat ditembus oleh cahaya Infra Merah (IR) yang tidak tampak oleh mata dan melakukan pengenalan wajah. Bahkan dalam kondisi kacamata yang buram, Face ID tetap dapat melakukan tugasnya dengan baik untuk mengenali wajah pengguna. Menarik ya!

E-mailed #CraigFederighi about #FaceID and actually got a response! pic.twitter.com/3Ytt1k6WvK

— Keith Krimbel (@KeithKrimbel) September 14, 2017

Saya pribadi merasa cukup takjub dengan kemampuan Face ID yang dijelaskan Craig Federighi bisa menembus kacamata hitam dan tentunya bisa dimatikan dengan mudah. Itu artinya sistem TrueDepth Camera di iPhone X sudah dibuat oleh Apple dengan beragam sensor dan kecerdasan buatan yang maksimal untuk memberikan kemudahan, serta keamanan bagi para pengguna. Bagaimana pendapat kamu mengenai Face ID? Apakah punya hal lain yang masih menjadi pertanyaan terpendam? Silakan tulis di kolom komentar ya!

Apple Merilis iPhone X dengan Layar 5.8 inci, Teknologi Face ID dan Super Retina Display

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular