Follow Us

Update App Store Review Guidelines Melarang Aplikasi Anti Virus dan Face ID untuk Anak

Bagus Hernawan - Senin, 18 September 2017 | 11:47
Update App Store Review Guidelines Melarang Aplikasi Anti Virus dan Face ID untuk Anak

App Store Review Guidelines adalah panduan dari Apple untuk para pengembang yang akan merilis aplikasi di App Store. Peraturan yang tertulis dalam laman App Store Review Guidelines wajib diikuti oleh para pengembang dan akan diperbaharui setiap kurun waktu tertentu. Minggu lalu ada beberapa catatan baru yang diberikan oleh Apple untuk bagian tersebut, mengikuti peluncuran iPhone X dan juga beberapa hal seputar teknologi di iOS 11.

Catatan pertama adalah pasal 2.3.1 yang menjelaskan bahwa pengembang aplikasi tidak boleh menyembunyikan daftar fitur atau tidak membuat dokumentasinya sesuai penggunaan saat melakukan proses pendaftaran App Review. Salah satu contoh yang dijelaskan adalah menawarkan layanan yang sebenarnya tidak ada di aplikasi tersebut, misalkan aplikasi anti virus, anti malware dan sejenisnya.

Similarly, you should not market your app on the App Store or offline as including content or services that it does not actually offer (e.g. iOS-based virus and malware scanners).


Baca Juga:


Masih dari bagian yang sama, Apple juga menjelaskan bahwa pelanggaran yang berulang dapat menyebabkan akun Developer Program dicabut. Apple sangat konsisten untuk masalah menghapus aplikasi bertema anti virus atau anti malware sejak tahun 2015 karena memang perangkat iOS tidak mengenal virus atau hal jahat lainnya. Upaya ini dilakukan Apple untuk menjaga ekosistem App Store menjadi lebih baik dan pengguna lebih mudah menemukan konten berkualitas.

Penjelasan lain yang diberikan pada aturan baru ini adalah seputar mode facial recognition alias pengenalan wajah. Dalam pasal 2.5.13, Apple menjelaskan bahwa pengembang aplikasi harus menyediakan mode LocalAuthentication untuk aplikasi dengan penggunaan facial recognition untuk autentifikasi akun. Fitur autentifikasi alternatif juga wajib disediakan jika aplikasi tersebut boleh digunakan oleh pengguna di bawah 13 tahun alias tidak boleh menggunakan Face ID.

Penjelasan terakhir adalah seputar aplikasi dengan konten ARKit. Pengembang aplikasi wajib menggunakan integrasi teknologi Augmented Reality secara maksimal, tidak sekedar membuat aplikasi dengan tampilan AR dan memutar animasi pendek atau hal sederhana lainnya. Penjelasan lengkap untuk bagian ini ada di pasal 4.2.1 yang dapat kamu cek pada laman berikut ini.

Menurut pendapat saya, persiapan dari Apple untuk App Store Review Guidelines sudah sangat tepat. Mengingat sebentar lagi iOS 11 rilis untuk pengguna umum dan perangkat iPhone X tentunya perlu beberapa aturan baru seputar penggunaan Face ID atau identifikasi wajah pengguna untuk aplikasi dari pihak ketiga.

[source site_name = “macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/09/15/new-app-store-guidelines-ios-11/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest