Follow Us

Update iOS 11 Resmi Dirilis untuk Pengguna Umum!

Bagus Hernawan - Rabu, 20 September 2017 | 00:38
Update iOS 11 Resmi Dirilis untuk Pengguna Umum!

Apple akhirnya merilis update iOS 11 untuk pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch yang mendukung. Sistem operasi yang punya banyak fitur baru, format dokumen foto & video baru yaitu HEIF & HEVC serta fitur AR ini akhirnya dapat diunduh oleh pengguna umum. Bagi kamu yang sudah tidak sabar, silakan segera update ke iOS 11 ya! Pastikan juga kamu sudah melakukan 8 persiapan update iOS 11 yang tim MakeMac bagikan sebelumnya.

Beragam Tampilan Baru di iOS 11

Wajah baru dari iOS 11 tampak secara kasat mata pada beberapa bagian. Mulai dari Lockscreen, Homescreen, Dock untuk perangkat iPad dan paling terlihat adalah Control Center yang kini menyimpan fitur Screen Recording. Pengguan juga bisa mendapatkan tampilan Header yang konsisten di aplikasi bawaan seperti Notes, Files, Photos, serta App Store.

Pindah ke App Store, Apple punya tampilan baru untuk toko online tempat kamu mengunduh aplikasi atau games di iOS 11. Jumlah tab yang digunakan ada 5 yaitu Today, Games, Apps, Updates dan juga Search. Apple mengubah konsep App Store yang semula sebagai rak digital untuk beragam aplikasi, menjadi tempat yang lebih menarik secara visual dan konten informasi yang diberikan. Bagian paling baru dari App Store adalah tab Today yang setiap harinya akan memberikan sebuah App of The Day dan Game of The Day yang bisa kamu unduh untuk mengisi kegiatan atau hiburan tambahan. Tim App Store juga sudah menyiapkan kurasi konten terbaik mereka untuk mengajak kamu membaca info seputar aplikasi yang akan diunduh serta beberapa hal lainnya.

Dock, Multitasking, Drag and Drop di iPad

3 Fitur dia atas akan mendapatkan perhatian terbanyak bagi pengguna iOS 11. Apple mengganti Dock di iOS 11 untuk iPad dengan tampilan dan kemampuan yang mendekati Dock di komputer Mac. Ditambah lagi mode Drag and Drop dengan cara penggunaan Multi Touch akan semakin memudahkan kamu dalam memindahkan teks, gambar tautan atau hal lainnya lewat tampilan Multitasking.

Masih Banyak Fitur Lain di iOS 11!

Ada banyak lagi fitur baru di iOS 11 yang dapat kamu nikmati setelah mengunduh update tersebut. Mulai dari aplikasi Notes dengan fitur tabel dan memindai dokumen, Live Phots, Portrait Mode dengan dukungan HDR, fitur Screen Recording lewat Control Center, Siri yang lebih fasih dalam beberapa pengucapan kata dan juga mendukung mode terjemahan ke beberapa bahasa. Review iOS 11 secara lengkap dari tim MakeMac dapat kamu baca di artikel sebelumnya ya!


Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif

Cara Update ke iOS 11

Apple masih tetap menggunakan 3 cara update ke iOS 11 yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan:

  1. OTA Updates. Yaitu update langsung di perangkat iOS dari bagian Settings – General – Software Update. Pastikan kamu menggunakan koneksi internet Wi-Fi yang cukup kencang, stabil dan punya kapasitas penyimpanan kosong cukup besar (rekomendasi MakeMac adalah di atas 4GB). Persentase baterai di iPhone atau iPad juga harus di atas 50% untuk dapat melakukan proses instal ke iOS 11 atau harus dalam mode charging.
  2. Update lewat iTunes. Silakan update perangkat iOS lewat iTunes jika kamu tidak memiliki koneksi nirkabel yang cukup. Sambungkan perangkat iPhone atau iPad ke komputer dengan kabel data, akses iTunes, lakukan backup dan tekan tombol Updates.
  3. Restore via iTunes. Proses Restore artinya semua data yang ada di perangkat iOS akan hilang dan kamu akan mendapatkan tampilan perangkat iOS seperti baru kembali. Kamu dapat kembali memasukkan data ke perangkat iOS yang telah melakukan Restore, jika sebelumnya sudah membuat backup ke iTunes.
Selamat update ke iOS 11! Jika sudah update atau mungkin mengalami kendala atau hal aneh lainnya, silakan tulis di kolom komentar atau Tweet ke @MakeMac ya!

UPDATE

  • Pengguna iOS 11 GM yang sudah mengunduh update tersebut beberapa hari lalu, tidak akan mendaptkan update iOS 11 versi publik. Karena kode Version yang digunakan sama persis. Silakan cek di Settings – General – About – Version 11.0 (15A372). Silakan hapus Beta Profile (Settings – General – Profile) untuk berhenti mendapatkan update iOS 11 Beta dan mendapatkan update iOS 11 untuk pengguna umum di waktu yang akan datang.
  • Apple juga hari ini merilis watchOS 4 untuk pengguna perangkat Apple Watch. Silakan update lewat aplikasi Apple Watch di perangkat iOS.

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest