Follow Us

Apple: Fitur 3D Touch App Switcher Segera Kembali di iOS 11

Bagus Hernawan - Jumat, 22 September 2017 | 07:52
Apple: Fitur 3D Touch App Switcher Segera Kembali di iOS 11

Update iOS 11 memang menghadirkan banyak fitur baru, namun juga ada beberapa fitur dari iOS 10 yang dihapus. Salah satunya adalah 3D Touch App Switcher, mode untuk masuk ke App Switcher dengan cara menekan dan tahan di pojok kiri layar bagi perangkat iPhone yang mendukung 3D Touch seperti iPhone 6s atau lebih baru. Fitur ini sudah dihapus oleh Apple sejak iOS 11 versi Beta dan berlaku hal yang sama pada iOS 11 versi final. Sejumlah pengguna merasa kecewa dan mengeluh akan keputusan tersebut.

Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple akan segera mengembalikan fitur ini, dikutip dari keterangan Craig Federeighi dalam sebuah balasan email. Craig menjelaskan bahwa fitur 3D Touch App Switcher memang dihentikan secara sementara di iOS 11 karena kendala teknis. Namun dia berjanji fitur tersebut akan segera kembali di update iOS 11.x dalam beberapa waktu yang akan datang.

We regretfully had to temporarily drop support for this gesture due to a technical constraint. We will be bringing it back in an upcoming iOS 11.x update.


Baca Juga:


Bagi kamu yang belum tahu, Apple mengenalkan fitur 3D Touch App Switcher sejak perangkat iPhone 6s dengan iOS 9 dan tetap membawanya ke iOS 10. Fitur ini bekerja dengan 2 cara, tekan dan tahan pojok kiri layar untuk masuk ke App Switcher (sama dengan tekan Home Button 2x) atau tekan dan tahan lalu swipe dari kiri ke kanan untuk berganti ke aplikasi sebelumnya yang kamu gunakan. Kedua fitur ini hilang sejak iOS 11 Beta dan tim Apple Engineering mengkonfirmasi bahwa fitur ini memang dihapus oleh Apple. Namun kini Craig Federighi (SVP of Software Engineering) sudah memberikan penjelasan bahwa fitur ini akan segera kembali. Kita tunggu saja ya!

Apakah kamu termasuk pengguna iPhone yang sebelumnya sering menggunakan 3D Touch App Switcher? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “Macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/09/21/3d-touch-app-switcher-gesture-will-return/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest