Follow Us

Memahami Cara Kerja Tombol Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center iOS 11

Bagus Hernawan - Jumat, 22 September 2017 | 10:34
Memahami Cara Kerja Tombol Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center iOS 11

Apple menggunakan Control Center sebagai pusat kendali cepat untuk beberapa fitur yang bisa kamu aktifkan, matikan atau atur sesuai kebutuhan (misalkan Volume dan Brightness). Jika selama ini kamu mengenal tombol Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center yang bisa mengatur koneksi tersebut dalam mode ON atau OFF, update iOS 11 punya cara kerja baru yang membuat sejumlah pengguna merasa kaget dan bingung.

Ketika kamu mematikan tombol Wi-Fi dan Bluetooth di iOS 11, kedua jenis koneksi tersebut tidak mati namun hanya berhenti terhubung (disconnect). Awalnya sejumlah pengguna menganggap hal ini sebagai bug system saja, namun ternyata tidak. Apple memang mengubah cara kerja tombol Control Center untuk Wi-Fi dan Bluetooth di iOS 11. Hal ini disampaikan oleh Apple pada laman Apple Support. Alasannya agar perangkat iOS 11 tersebut tetap dapat menggunakan koneksi nirkabel untuk beberapa fitur bawaan Apple.

In iOS 11 and later, when you toggle the Wi-Fi or Bluetooth buttons in Control Center, your device will immediately disconnect from Wi-Fi and Bluetooth accessories. Both Wi-Fi and Bluetooth will continue to be available, so you can use these important features: AirDrop, AirPlay, Apple Pencil, Apple Watch, Continuity features, like Handoff and Instant Hotspot, Instant Hotspot, Location Services

Dapat kamu baca pada kutipan di atas, fitur AirDrop, AirPlay koneksi ke Apple Pencil dan lain sebagainya menjadi alasan Apple untuk mengubah cara kerja Control Center pada tombol Wi-Fi dan Bluetooth. Kini pengguna harus masuk ke app Settings untuk benar-benar mematikan Wi-Fi atau Bluetooth, terutama jika kamu merasa dengan mematikan fitur tersebut bisa membuat baterai di perangkat iOS menjadi lebih hemat misalnya.


Baca Juga:


Penjelasan Lebih Lanjut

Masih di laman yang sama, Apple memberikan beberapa keterangan tambahan mengenai cara kerja baru tersebut. Pertama untuk Wi-Fi, jika kamu mematikan tombol tersebut lewat Control Center, maka koneksi Wi-Fi ke jaringan yang kamu ikuti akan terputus, begitu pula dengan mode terhubung otomatis (auto-join). Fitur ini baru bisa kembali aktif jika memenuhi salah satu syarat berikut ini:

  • Pengguna mengaktifkan kembali tombol Wi-Fi di Control Center.
  • Masuk ke Settings – Wi-Fi dan hubungkan ke salah satu jaringan yang tampil.
  • Pengguna berpindah tempat ke lokasi baru.
  • Waktu menunjukkan pukul 5 pagi di daerah setempat.
  • Restart perangkat iOS.
Lanjut untuk koneksi Bluetooth, jika kamu mematikan tombol tersebut lewat Control Center maka koneksi Bluetooth ke aksesoris yang kamu gunakan akan terputus. Fitur ini baru bisa kembali aktif jika memenuhi salah satu syarat berikut ini:

  • Aktifkan Bluetooth di Control Center.
  • Hubungkan aksesoris Bluetooth lewat pengaturan di Settings – Bluetooth.
  • Waktu menunjukkan pukul 5 pagi di daerah setempat.
  • Restart perangkat iOS.
Sebagai penutup penjelasan, Apple juga menuliskan cara untuk mematikan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth sepenuhnya. Yaitu lewat pengaturan di Settings – Wi-Fi dan Settings – Bluetooth.

Pendapat Kamu?

Saya pribadi agak merasa aneh mengenai aturan baru dari Apple mengenai Control Center untuk Wi-Fi dan Bluetooth. Terutama dari catatan di atas, Apple memberikan salah satu keterangan bahwa koneksi Wi-Fi dan Bluetooh dapat kembali digunakan saat waktu menunjukkan pukul 5 pagi. Tidak ada catatan yang ditulis mengenai maksud dari keterangan tersebut. Bagaimana pendapat kamu? Apakah merasa tidak nyaman dengan aturan baru ini? Bagikan di kolom komentar ya!

(Update)

Semenjak update iOS 11.2, Apple membuat tampilan tombol Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center menjadi lebih mudah dipahami. Yaitu ikon putih untuk tanda bahwa koneksi Wi-Fi dan Bluetooth sedang aktif, namun tidak digunakan untuk terkoneksi pada jaringan atau perangkat lain. Ikonnya akan berubah menjadi warna transparan dan ikon coret jika kamu mematikannya dari aplikasi Settings.

Penjelasan lengkapnya dapat kamu baca di laman Apple Support ya!


Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif

[source site_name = “Apple Support” site_url = “https://support.apple.com/en-us/HT208086”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest