Follow Us

Sejumlah Pengguna iOS 11 Mengeluh Baterai Boros & Aplikasi Lambat

Bagus Hernawan - Selasa, 26 September 2017 | 13:40
Sejumlah Pengguna iOS 11 Mengeluh Baterai Boros & Aplikasi Lambat

Berselang seminggu dari update iOS 11 untuk pengguna umum, beragam pendapatan dan kritik mulai diberikan oleh para pengguna. Dikutip dari laman MacRumors (via Reddit), para pengguna iOS 11 merasakan performa aplikasi yang menurun, baterai lebih boros dan juga akses yang lambat. Gejala ini dialami oleh beragam pengguna dengan beragam perangkat iOS, terutama perangkat iPhone dalam beberapa versi.

Ever since I upgraded, launching apps is an absolute chore. Safari, Reddit, ESPN, Yahoo, texts, etc all have a terrible time opening. They either crash back to home, freeze and require closing the app or take well over a minute to load. I never had a single issue with my 7+ before last night and now suddenly it’s like this phone is stuck in quicksand.

Dapat kamu lihat pada kutipan di atas, sejumlah aplikasi terkenal seperti Safari, Reddit, ESPN, Yahoo dan lain sebagainya berjalan tidak maksimal di iOS 11. Contohnya adalah tidak dapat membuka dan otomatis kembali ke Homescreen, tidak dapat berpindah tampilan (freeze), serta butuh waktu cukup lama untuk masuk dan mengakses seperti biasa. Bahkan sejumlah pengguna lain menjelaskan bahwa hal serupa tidak pernah terjadi saat mereka menggunakan iOS 11 versi Beta. Namun begitu instal iOS 11 GM atau malah untuk pengguna umum, masalah ini justru terjadi di sejumlah perangkat.


Baca Juga:


Masalah lain yang dikabarkan oleh para pengguna iOS 11 adalah akses Now Playing di Control Center. Tombol pengaturan untuk musik ini tidak berjalan dengan normal baik saat menggunakan Spotify atau Apple Music. Keluhan paling besar lainnya juga ada di penggunaan baterai yang lebih boros dari iOS 10.3.3. Bahan sejumlah pengguna iPhone 7 Plus yang notabene menggunakan baterai 2900mAH juga mengeluhkan kendala tersebut.

Masih dari laman sumber berita, beberapa pengguna lain memberikan tips untuk mengatasi sejumlah kendala di iOS 11. Salah satu cara yang dianggap paling manjur adalah melakukan Reset All Settings (Settings – General – Reset). Cara lainnya adalah melakukan Restore via iTunes dan melakukan pengaturan Set as New iPhone, setelah itu Restore from Backup.

Saya pribadi sudah mencoba iOS 11 sejak Beta 1 hingga sekarang rilis resmi. Jika kamu mengalami masalah dengan baterai yang lebih boros, silakan bersabar dulu selama beberapa hari. Karena menurut pendapat saya ada proses indexing file di belakang layar dan beberapa hal lainnya, yang akan membuat perangkat dengan iOS 11 menjadi lebih boros daripada iOS 10. Namun setelah semua hal tadi selesai (sayangnya tidak ada indikator yang bisa kamu lihat), penggunaan baterai di perangkat iOS akan kembali sepeti sebelumnya.

Apakah kamu mengalami beberapa kendala di iOS 11? Silakan berbagi di kolom komentar dan cara mengatasinya ya!

[source site_name = “macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/09/25/ios-11-app-slowdowns-performance-issues/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest