Follow Us

Apple Rilis Catatan Baru untuk Info Privasi Pengguna

Bagus Hernawan - Kamis, 28 September 2017 | 10:46
Apple Rilis Catatan Baru untuk Info Privasi Pengguna

Apple hari ini merilis tampilan dan catatan baru untuk laman Apple Privacy. Kini di halaman yang menjelaskan semua hal seputar keamanan dan privasi data pengguna di produk Apple, kamu dapat membaca banyak hal. Mulai dari mengelola privasi, tanggung jawab Apple seputar keamanna data pengguna hingga transparansi Apple dan aturan seputar privasi di beragam dunia dalam catatan dokumen resmi.

At Apple, we believe privacy is a fundamental human right. And so much of your personal information — information you have a right to keep private — lives on your Apple devices.

Dalam laman tersebut, Apple membuka penjelasan dengan pengaturan Touch ID dan juga 6 digit passcode lock yang sangat sulit ditembus oleh siapa saja. Hal ini tentunya menjadi keamanan paling dasar dari akses perangkat iOS yang kamu gunakan dari orang yang tidak berhak. Catatan kedua adalah data personal yang dibuat dan disimpan oleh pengguna, akan tetap menjadi data personal yang dijamin keamanannya. Mulai dari foto, pertanyaan yang diberikan kepada Siri, arahan perjalanan dan lain sebagainya. Apple menegaskan bahwa informasi data personal tersebut tidak akan dijual kepada layanan iklan atau organisasi sejenisnya.

Lebih lanjut lagi, Apple juga menjelaskan keamanan data di Apple Pay untuk sistem pembayaran digital dengan perangkat iOS, Apple Watch dan komputer Mac. Apple tidak akan mencatat daftar belanjaan yang pernah kamu lakukan dan semua informasi tentang kartu kredit dijamin aman. Sistem penyimpanan kartu kredit di Apple Pay juga menggunakan layanan Wallet yang memberikan kode unik untuk membuatnya tetap aman. Baik Apple atau penyedia layanan belanja yang kamu gunakan, tidak akan mendapatkan data kode kartu kredit tersebut.


Baca Juga:


Apple juga menjelaskan tentang peningkatan fitur dan juga tetap menjaga privasi data pengguna. Contohnya untuk beberapa fitur yang mendukung input dari pengguna, Apple berjanji bahwa semua kebiasaan, catatan penggunaan dari pengguna tidak akan mengorbankan privasi. Beberapa data tersebut akan dicampur dengan informasi rahasia dari pengguna lain dan digunakan untuk meningkatkan fitur dari Apple. Contohnya pada bagian Differential Privacy, Apple akan mendapatkan pola penggunaan layanan mereka dan meningkatkan fitur. Seperti di fitur QuickType, emoji yang populer, atau penggunaan energi di Safari.

Masih banyak lagi penjelasan seputar Privacy di ekosistem Apple yang bisa kamu baca dan pahami di laman Apple Privacy. Seperti data pesan dan telepon, aplikasi pihak ketiga yang wajib mengikuti aturan privasi data dari Apple, tips mengelola privasi untuk pengguna, laporan penggunaan privasi dan aturan yang ditaati Apple pada beberapa negara serta banyak hal lainnya. Silakan simak catatan lengkapnya di laman sumber berita ya!


5 Tips Keamanan Apple ID yang Wajib Kamu Tahu

[source site_name = “Apple” site_url = “https://www.apple.com/privacy/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest