Follow Us

Apple Rilis Kernel Kode Program iOS dan macOS di laman Apple Open Source

Bagus Hernawan - Senin, 02 Oktober 2017 | 14:15
Apple Rilis Kernel Kode Program iOS dan macOS di laman Apple Open Source

Setelah merilis macOS versi baru, Apple biasanya membagikan kode program untuk sistem operasi Mac edisi sebelumnya di laman Apple Open Source. Barisan kode dalam level kernel atau paling dasar ini “disumbangkan” oleh Apple untuk para peneliti atau mungkin para pengembang aplikasi dan sistem operasi yang bersifat open source. Sedikit berbeda dengan tahun lalu, kali ini Apple tidak hanya membagikan kernel kode program macOS Sierra saja, namun juga High Sierra serta versi iOS dalam basis ARM (Acorn RISC Machine).

That’s particularly relevant if you’re interested in iOS, since you now have code that would theoretically run on an iPhone or iPad. However, it’s not quite the breakthrough move it seems at first blush.

Tidak perlu resah atau berpikir bahwa iOS atau macOS akan dapat segera berjalan di luar ekosistem buatan Apple karena berita ini. Kode program di level kernel yang dirilis oleh Apple hanya memegang barisan informasi dasar untuk sebuah sistem operasi. Tidak ada bagian yang meliputi tampilan, akses aplikasi atau hal lainnya. Bagian paling menarik dari informasi ini adalah untuk pertama kalinya Apple membagikan kode program di level kernel untuk perangkat iOS.


Baca Juga:


Sedangkan untuk macOS, Apple juga baru pertama kali ini merilis kode program di level kernel dengan spesifikasi basis ARM. Hal ini mengundang beberapa pertanyaan dari para pengamat. Apakah Apple dalam waktu dekat akan menggunakan CPU berbasis ARM atau buatan mereka sendiri untuk komputer Mac – menggantikan Intel? Karena sebelumnya hal ini sudah dilakukan di perangkat iOS, misalnya iPhone 8 dengan CPU A11 Bionic.

Bagi kamu yang ingin mendalami lebih jauh, silakan simak laman Apple Github atau Apple Open Source ya.

[source site_name = “engadget” site_url = “https://www.engadget.com/2017/10/01/apple-releases-arm-kernel-source-code/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest