Follow Us

Apple Bagikan Tips Mencegah Layar “Burn-In” di iPhone X

Bagus Hernawan - Senin, 06 November 2017 | 17:58
Apple Bagikan Tips Mencegah Layar “Burn-In” di iPhone X

Perangkat iPhone X adalah ponsel pertama dari Apple yang menggunakan layar OLED (Organic Light-Emitting Diode). Teknologi ini membuat tampilan layar lebih tajam, terutama pada warna gelap yang lebih jelas dan putih yang lebih cerah namun tetap memberikan warna dramatis di bagian lain. Hasil foto di iPhone X juga bisa tampak lebih berwarna berkat tambahan teknologi Dolby Vision atau HDR10 yang ada di dalamnya.

Namun teknologi baru OLED punya salah satu kelemahan yang cukup menjadi perhatian banyak penggemar gadget. Salah satunya adalah efek “Burn-In” alias warna layar yang berubah karena gambar yang tampil terlalu cerah dan punya banyak warna. Apple dengan sangat jelas memberikan informasi detail mengenai hal tersebut. Masih dari catatan yang sama, Apple juga memberika beberapa tips penting untuk mencegah masalah tersebuto. Berikut ini kutipannya.

If you look at an OLED display off-angle, you might notice slight shifts in color and hue. This is a characteristic of OLED and is normal behavior. With extended long-term use, OLED displays can also show slight visual changes. This is also expected behavior and can include “image persistence” or “burn-in,” where the display shows a faint remnant of an image even after a new image appears on the screen.

Dapat kamu baca pada kutipan di atas, layar OLED di iPhone X bisa menampilkan warna yang agak berbeda jika dilihat dari sisi samping. Hal ini bukan sebuah cacat atau masalah, namun memang salah satu ciri-ciri dari teknologi layar OLED. Bahkan Apple juga menjelaskan dengan penggunaan yang lama, OLED bisa menampilkan warna yang lebih berubah dan hal ini biasa disebut “Burn-In”. Dalam beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, layar OLED yang digunakan untuk menampilkan gambar dengan kontras yang sangat dan tingkat kecerahan layar penuh, dapat membuat kasus yang lebih serius. Namun Apple mengklaim bahwa teknologi OLED di iPhone X yang disebut Super Retina Display adalah layar OLED paling aman di dunia dari masalah “Burn-In”.


Baca Juga:


Tips Mencegah “Burn-In” Layar iPhone X

Apple punya beberapa tips untuk menggunakan iPhone X dan mencegah masalah “Burn-In” terjadi di ponsel yang kamu gunakan. Berikut ini daftar lengkapnya:

  • Update iPhone X ke sistem operasi terbaru.
  • Gunakan pengaturan Auto-Brightness. Dengan pengaturan tersebut, layar OLED yang kamu gunakan akan otomatis mengatur kecerahan layar tergantung lokasi dan juga cahaya sekitar. Pengaturan ini ada di iOS 11 pada bagian Settings > General > Accessibility > Display Accommodations.
  • Gunakan Auto Lock dengan bijak. Kamu bisa mengurangi waktu Auto Lock agar iPhone X dapat masuk dalam mode kuncian layar secara lebih singkat dan mencegah layar mengalami masalah “Burn-In”. Pengaturan ini ada di bagian Settings > Display & Brightness > Auto Lock.
  • Hindar tampilan gambar statis dengan kecerahan maksimal di layar iPhone X, apalagi dengan durasi yang sangat lama. Jika kamu harus melakukan hal ini di beberapa kesempatan tertentu, silakan kurangi tingkat kecerahan layar dari Control Center atau bagian Settings.

Apple Rilis Video Panduan Pakai Fitur-Fitur Baru di iPhone X

[source site_name = “Apple” site_url = “https://support.apple.com/en-us/HT208191”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest