Follow Us

Di Pekan Pertama, Tingkat Adopsi iPhone X Libas iPhone 8

Andri Alfansyah - Selasa, 07 November 2017 | 17:36
Di Pekan Pertama, Tingkat Adopsi iPhone X Libas iPhone 8

iPhone X tercatat sebagai model iPhone yang tingkat pengadopsiannya paling tinggi dibandingkan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dalam waktu tiga hari pertama ketersediaannya sejak diluncurkan Jumat, pekan lalu.

Hal tersebut terungkap data terbaru yang dirilis Localytics. Sebagaimana dilansir MacRumors, iPhone X dalam data diperkirakan meraih jumlah pengguna sebanyak hampir satu persen dari semua model iPhone di minggu pertama penjualannya.

Tingkat adopsi iPhone X di minggu pertamanya bahkan hampir setara dengan iPhone 5s yang diluncurkan pada 2013 lalu dalam waktu yang sama. Saat itu, iPhone pertama yang mengadopsi Touch ID tersebut mencatat tingkat adopsi sebanyak 9 persen.

Sementara itu, tingkat adopsi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus jauh lebih rendah dibandingkan dengan iPhone X. Kedua model iPhone baru yang lebih dulu dipasarkan pada akhir September lalu itu diadopsi masing-masing oleh 0,3 dan 0,4 persen pengguna.

Rendahnya tingkat adopsi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sendiri tidak mengejutkan. Pasalnya, iPhone tersebut punya desain yang mirip seperti sebelumnya. Akibatnya banyak konsumen saat itu tengah menanti kedatangan iPhone X.

Meski demikian, data yang dirilis Localytics didasarkan pada pengukuran jumlah pengguna yang sudah memasang salah satu dari 37.000 aplikasi yang terintegrasi dengan SDK Localytics. Jadi datanya tidak mewakili penjualan iPhone X sebenarnya.


Baca juga:


Bisa jadi penjualan atau tingkat adopsi iPhone X melebihi satu persen seperti ditunjukkan Localytics. Mengingat peluncuran iPhone X sukses besar di mana banyak konsumen dari seantero negara berbondong-bondong memesan dan membelinya.

Aplalagi Apple memproyeksi mengantongi pendapatan antara 84–87 miliar dolar di kuartal pertama 2018. Di periode tersebut, penjualan iPhone X akan dimasukkan ke dalam total penjualan iPhone.

Gelar model iPhone yang tingkat adopsi paling banyak disabet iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Kedua iPhone yang diluncurkan tahun lalu itu meraih jumlah pengguna sebanyak 19,74 persen dan 13,83 persen. Disusul kemudian oleh iPhone 6s dan iPhone 6.

Apple sendiri sudah tidak menyediakan informasi mengenai jumlah penjualan iPhone di minggu pertamanya. Mereka berhenti melakukannya sejak meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tahun lalu. Alasannya, permintaan konsumen biasanya melampaui persediaan.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/11/06/iphone-x-adoption-localytics/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest