Follow Us

iPhone X Tidak Perlu Face ID untuk Fitur Animoji

Bagus Hernawan - Rabu, 15 November 2017 | 17:07
iPhone X Tidak Perlu Face ID untuk Fitur Animoji

Apple menjual iPhone X dengan beberapa fitur yang tidak ada di ponsel generasi sebelumnya. Dua fitur yang paling menonjol adalah Face ID dan Animoji. Khusus untuk Animoji, banyak Apple Fanboy yang berpikir bahwa fitur ini bekerja secara lengkap dengan TrueDepth Camera, serangkaian kamera dan sensor di atas layar iPhone X – seperti saat menggunakan Face ID. Namun ternyata, beragam teknologi cerdas untuk Face ID, tidak diperlukan untuk membuat sebuah Animoji.

Dikutip dari laman TNW, hal ini dijelaskan oleh Marques Brownlee (MKBHD) yang baru saja membagikan video review untuk iPhone X. Marques Brownlee menutup sebagian besar Notch di iPhone X dan hanya menyisakan bagian RGB Camera. Hasilnya adalah Animoji tetap dapat bekerja secara lancar.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Secara lebih jelas lagi, dugaan saat ini adalah Animoji di iPhone X hanya memerlukan perangkat keras RGB Camera dan juga dukungan AR-Kit untuk kamera depan. Fitur AR-Kit tersebut dikunci oleh Apple alias hanya dapat berjalan di kamera depan perangkat iPhone X.

Animoji use ARKit and – as seen above – the single front camera can suffice for face-tracking shenanigans. However, Apple currently doesn’t allow ARKit to work on the front camera for any iPhone other than the iPhone X.


Baca Juga:


Jika dilihat secara spesifikasi, AR-Kit di kamera belakang iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sebetulnya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Namun kenapa Apple tidak memberikan fitur ini di kamera depannya? Diagnosa paling logis adalah RGB Camera di iPhone X yang digunakan merekam tampilan wajah, masih tetap mengirimkan data ke TrueDepth Camera untuk membuat rekaman gerakan pengguna. Kemungkinan lainnya adalah sensor Face ID digunakan untuk pengenalan wajah di awal, lalu diproses lewat RGB Camera.

Pihak Apple belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut. Semoga ada penjelasan dari sisi teknis yang lebih detail dan mungkin Apple berminat menghadirkan Animoji di iPhone generasi sebelumnya. Bagaimana pendapat kamu?

[source site_name = “TNW” site_url = “https://thenextweb.com/insider/2017/11/14/inviting-9-speakers-tnw-new-york-2017-heres/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest