Follow Us

Apple: Animoji Harus Menggunakan Sensor Face ID di iPhone X

Bagus Hernawan - Kamis, 16 November 2017 | 15:00
Apple: Animoji Harus Menggunakan Sensor Face ID di iPhone X

Animoji atau emoji yang dapat bergerak mengikuti perekaman wajah dari kamera depan, kabarnya bisa bekerja tanpa deretan sensor di Face ID.

Setelah berita ini ramai dibicarakan, MKBHD mendapatkan kesempatan untuk menghubungi Apple secara lengkap.

Intinya, Animoji memang memerlukan TrueDepth Camera untuk tetap dapat berjalan dengan lancar dan Apple tidak bisa menghadirkan fitur tersebut di iPhone sebelumnya.

Update: Talked to Apple about Animoji: It does actually use data from the IR and depth sensors for better accuracy. Apple told me they wouldn’t want a worse Animoji experience for other iPhones without those sensors. Props to @reneritchie for this article: https://t.co/Yml7SQ54Eq

— Marques Brownlee (@MKBHD) November 15, 2017

Laman iMore punya penjelasan panjang dan detail mengenai hal tersebut. Rene Ritchie memberikan penjelasan bahwa IR Filter tetap digunakan pada Animoji namun dalam periode tertentu sebagai cara mengecek kemiringan wajah dan detail lainnya.

Animoji tetap dapat merekam wajah pengguna dan mengubahnya dalam tampilan animasi Emoji meskipun IR Filter ditutup, namun hasilnya tidak bisa detail dan terlihat alami.

Namun jika hardware tersebut tidak tersedia sepeti di iPhone 8 atau iPhone 7, Animoji tidak akan berjalan dengan halus dan menarik seperti yang kamu lihat di Animoji Karaoke atau kirim dengan cara biasa lewat iMessage.

…cover the IR system and the depth mask will simply stop updating and likely, over time, degrade. Cover the RGB, and the tracking and matching stops dead.

Rene Ritchie (Chief in Editor iMore) juga memberikan perbandingan yang lebih mudah kamu terima yaitu Snapchat.

Aplikasi dengan live filter ini memang sudah lama memiliki mode merekam wajah pengguna dan menambahkan hiasan yang lucu, seolah menempel ke wajah.

Bisa dibilang menggunakan teknologi yang hampir sama dengan Animoji.

Namun detail Snapchat Filter jelas terlihat jauh berbeda jika kamu bandingkan dengan Animoji. Hal ini juga bisa menjadi salah satu alasan Apple untuk merilis teknologi Animoji, hanya di iPhone X saja.

Karena jika berjalan tanpa IR Filter dan serangkaian TrueDepth Camera, Animoji tidak akan menarik dan bekerja secara halus dengan pemetaan wajah detail. Animoji juga bisa dibilang masih sangat mendasar di iPhone X.

Bisa saja ada update besar yang membuat fitur ini lebih menarik dalam waktu ke depan dan jika saat ini dipaksakan tersedia di iPhone lawas, update berikutnya tidak akan mendukung lagi.

Editor : Bagus Hernawan

Latest