Follow Us

5 Aplikasi Bawaan di iOS 11 yang Sering Dilupakan

Bagus Hernawan - Selasa, 28 November 2017 | 11:08
5 Aplikasi Bawaan di iOS 11 yang Sering Dilupakan

Apakah kamu pernah menghitung jumlah aplikasi bawaan yang ada di iOS 11? Jumlahnya tidak sedikit loh, ada 33 aplikasi bawaan untuk iPhone dan seingat saya lebih sedikit di iPad (tidak ada Calculator dan Health di iPad). Dari puluhan aplikasi tersebut, pasti banyak yang jarang kamu gunakan namun sebetulnya sangat berguna untuk beragam kegiatan.

Berikut ini 5 aplikasi bawaan di iOS 11 yang sering dilupakan dan wajib untuk mulai kamu gunakan segera.

1. Reminder

Sesuai dengan namanya, Reminder berfungsi untuk membuat catatan pengingat yang bisa bekerja dengan detail catatan dalam bentuk List, alarm, catatan dengan detail lokasi dan mode prioritas. Reminder juga bisa terhubung ke akun iCloud untuk kamu pengguna beberapa perangkat iOS serta Mac atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung koneksi ke Reminder. Contohnya adalah GoodTask 3 yang pernah mampir ke meja review MakeMac. Ingin berbagi catatan Reminder dengan tim kerja atau keluarga di rumah? Tenang, mode berbagi Reminder juga bisa kamu gunakan secara mudah.

2. iBooks

Aplikasi iBooks bisa berguna untuk menyimpan beragam dokumen penting dalam bentuk PDF yang kamu terima dari email atau mungkin Dropbox. Kamu juga bisa membuat beberapa kategori Collection dari dokumen yang disimpan serta tentu saja fitur belanja di iBooks Store, katalog Top Charts dan juga daftar Purchased lewat deretan tab di bagian bawah.

Ingin menambahkan dokumen dari iBooks lewat komputer? Tenang, kamu bisa menggunakan mode sync dari iTunes atau lewat aplikasi pihak ketiga. Tim MakeMac merekomendasikan WALTR 2 untuk membantu kamu mengirim dokumen digital atau file penting lainnya lewat komputer ke perangkat iOS tanpa menggunakan iTunes.

3. Health

Semenjak kehadiran Apple Watch, Apple juga merilis aplikasi Health untuk beragam fitur kesehatan. Kamu dapat menggunakan Health secara terpadu dengan Apple Watch atau terpisah jika hanya menggunakan iPhone. Beberapa fitur sederhana yang dapat kamu gunakan di Health adalah mencatat jarak jalan kaki atau lari yang kamu tempuh dalam sehari, jumlah jam tidur serta mencatat Medical ID. Health juga mendukung koneksi ke beragam aplikasi atau alat olahraga serta kesehatan yang memiliki fitur HealtKit.


Baca Juga:


4. Voice Memos

Beberapa rekan saya sering bertanya, aplikasi perekam suara apa yang bisa dia unduh di App Store dan mudah digunakan. Jawaban saya selalu sama, gunakan saja aplikasi bawaan iOS yaitu Voice Memos. Secara default, Voice Memos terletak di dalam folder Extras yang dibuat oleh Apple sebagai aplikasi bawaan – wajar saja jika terkadang kamu tidak menemukannya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest