Follow Us

macOS High Sierra Punya Celah Keamanan Root User Tanpa Password

Bagus Hernawan - Rabu, 29 November 2017 | 09:07
macOS High Sierra Punya Celah Keamanan Root User Tanpa Password

Sistem operasi macOS High Sierra kabarnya punya celah keamanan yang sangat berbahaya. Ditemukan oleh @lemiorhan, siapa saja yang menggunakan macOS High Sierra dapat masuk ke pengaturan Administrator dengan User Name “Root” dan tanpa password.

Dear @AppleSupport, we noticed a HUGE security issue at MacOS High Sierra. Anyone can login as "root" with empty password after clicking on login button several times. Are you aware of it @Apple?

— Lemi Orhan Ergin (@lemiorhan) November 28, 2017

Penasaran dengan cara kerja celah keamanan tersebut? Silakan lakukan langkah berikut ini:

  1. Masuk ke System Preferences.
  2. Pilih Users & Groups.
  3. Buka ikon gembok di kiri bawah pengaturan.
  4. Di jendela infomasi yang tampil, masukkan Root di bagian User Name dan kosongkan pada bagian Password. Tekan tombol Unlock.
Celah keamanan ini juga bisa kamu gunakan di jendela login awal komputer Mac jika kamu mengaktifkan fitur tersebut. Yaitu dengan cara menekan tombol Other lalu lakukan langkah keempat dari penjelasan di atas.

Akses akun Root tersebut tentunya setara dengan Admin di komputer Mac. Bisa digunakan untuk membuka beragam pengaturan yang memerlukan hak akses admin atau instal dan hapus aplikasi. Sebelum Apple memperbaiki masalah tersebut, silakan atur password untuk akun Root dan mengamankan komputer Mac yang kamu gunakan. Panduan lengkapnya dapat kamu simak di laman Apple Support.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/11/28/macos-high-sierra-bug-admin-access/”][/source]

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular