Follow Us

iPhone Semakin Lemot? Ganti Baterai Bisa Jadi Solusi

Bagus Hernawan - Senin, 11 Desember 2017 | 11:22
iPhone Semakin Lemot? Ganti Baterai Bisa Jadi Solusi

Sejumlah pengguna iPhone lawas seperti iPhone 6 dan iPhone 6s kabarnya banyak mengeluh mengenai penurunan performa di iOS 11 dalam beberapa pekan terakhir. Dikutip dari laman Reddit (via 9To5Mac), kabarnya penurunan performa pada beberapa jenis perangkat iPhone lawas, terjadi karena baterai yang sudah tidak dapat bekerja dengan maksimal.

I did some research, and decided to replace my battery. Wear level was somewhere around 20% on my old battery. I did a Geekbench score, and found I was getting 1466 Single and 2512 Multi. This did not change wether I had low power mode on or off. After changing my battery, I did another test to check if it was just a placebo. Nope. 2526 Single and 4456 Multi.

Sesuai dengan kutipan di atas, perangkat iPhone 6s harusnya memiliki hasil benchmark di angka 2526 untuk Single CPU dan 4456 untuk Multi CPU. Namun jika kamu menggunakan iPhone 6s dengan baterai yang bermasalah, hasilnya akan jauh di bawah standar tersebut yaitu 1466 dan 2512, meskipun baterai yang digunakan masih dianggap cukup sehat – dibawah 20% kerusakan.


Baca Juga:


Sebelumya Apple pernah mendapatkan banyak keluhan dari pengguna iPhone 6s dengan masalah mati mendadak. Apple memberikan solusi dengan penggantian baterai secara gratis dan masalah ini disebutkan hanya terjadi pada sejumlah kecil perangkat. Selanjutnya Apple memberikan update iOS 10.2.1 yang diklaim dapat menyembuhan masalah tersebut. Sejumlah laporan lain juga menyebutkan bahwa masalah mati mendadak turun hingga 80% untuk iPhone 6s dan 70% untuk iPhone 6 di setelah instal iOS 10.2.1.

Namun rumornya, update tersebut ternyata hanya memperbaiki masalah power management di perangkat yang mengalami masalah pada baterai. Sehingga ketika iOS 10 mendeteksi bahwa perangkat tersebut memiliki baterai yang sudah lemah, kecepatan CPU akan diturunkan dan mengurangi konsumsi baterai sehingga kamu tetap dapat menggunakan iPhone seharian.

Kembali pada laman Reddit, banyak pengguna lain yang merasa iPhone 6s miliknya menjadi lebih cepat setelah melakukan penggantian baterai. Apple memang selalu menjelaskan bahwa performa terbaik dari produk iPhone dan baterai yang ada di dalamnya bisa kamu nikmati pada 2 tahun penggunaan. Kini jika melihat iPhone 6s yang berusia di atas 2 tahun, rasanya cukup wajar jika kamu memang harus mengganti baterai jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih besar yaitu membeli iPhone baru. Namun langkah Apple untuk menurunkan performa CPU jika baterai bermasalah, saya rasa kurang tepat dan harusnya Apple menjelaskan hal tersebut kepada pengguna.

Apakah kamu memiliki perangkat iPhone 6s dan merasakan performa melambat karena umur baterai yang sudah saatnya diganti? Atau sudah mengganti baterai dan mendapatkan performa lebih baik? Bagikan di kolom komentar ya!


5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Segera Ganti

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/12/10/iphone-6s-slow-down-battery-fix/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest