Follow Us

RAM iMac Pro Bisa Diganti Oleh Teknisi Apple

Bagus Hernawan - Jumat, 15 Desember 2017 | 10:05
RAM iMac Pro Bisa Diganti Oleh Teknisi Apple

iMac Pro hari ini resmi dijual oleh Apple di Apple Online Store dan sebentar lagi akan tersedia di beragam Apple Store yang mendukung. Beberapa hal masih menjadi misteri mengenai bagian hardware dari iMac Pro, salah satunya adalah opsi upgrade RAM atau SSD.

Jika sebelumnya dikabarkan bahwa iMac Pro tidak dapat melakukan upgrade RAM karena hilangnya slot khusus tersebut di bagian belakang, kini ada catatan baru untuk hal tersebut. Menurut Rene Ritchie, RAM di iMac Pro bisa diganti namun hanya dapat dilakukan oleh Apple Store atau Apple Authorized Service Provider.


Baca Juga:


Masih dikutip dari laman sumber, pengguna iMac Pro dapat membawa komputer tersebut ke Apple Store untuk melakukan upgrade RAM jika diperlukan. Apple akan menawarkan RAM khusus yang dibuat untuk iMac Pro. Sedangkan jika kamu pergi ke Apple Authorized Service Provider atau jasa servis lainnya, pengguna bisa saja membawa RAM sendiri atau mendapatkan tawaran untuk RAM dengan merek atau tipe lain yang mendukung. Penjelasan lengkap untuk bagian tersebut belum dirilis oleh Apple untuk saat ini.

Sedangkan opsi upgrade hardware lainnya seperti SSD, VGA dan CPU, tidak didukung oleh Apple kecuali kamu memesannya sejak awal (custom order). Saya rasa bagian tersebut memang tidak dapat dilepas atau diganti lagi alias menyatu dengan mesin (logicboard) di iMac Pro.

Sebagai pembading, harga iMac Pro dengan spesifikasi RAM 32GB 2666MHz, DDR4 ECC adalah $4999. Jika kamu memesan iMac Pro custom dengan RAM 64GB, biaya yang harus ditambahkan adalah $800. Sedangkan untuk spesifikasi RAM tertinggi yaitu 128GB, pengguna perlu menambahkan biaya hingga $2400 alias sekitar 32 juta Rupiah.

[source site_name = “macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/12/14/imac-pro-ram-upgrade-apple/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest