Follow Us

(Rumor) Apple Berencana Gabungkan Aplikasi iOS dan macOS

Bagus Hernawan - Kamis, 21 Desember 2017 | 10:42
(Rumor) Apple Berencana Gabungkan Aplikasi iOS dan macOS

Jika selama ini kamu mengenal App Store untuk perangkat iOS dan Mac App Store untuk komputer Mac, kabarnya sebentar lagi semua itu akan berubah. Dikutip dari laman Bloomberg yang mendapatkan informasi dari sumber rahasia, Apple akan menggabungkan keduanya dan memberikan cara agar para pengembang bisa membuat aplikasi universal.

Starting as early as next year, software developers will be able to design a single application that works with a touchscreen or mouse and trackpad depending on whether it’s running on the iPhone and iPad operating system or on Mac hardware, according to people familiar with the matter.

Mark Gurman dari Bloomberg juga menjelaskan bahwa pengembang aplikasi harus membuat 2 mode input jika metode aplikasi universal ini rilis. Pertama adalah gesture di layar sentuh dan kedua input dengan keyboard dan mouse jika menggunakan komputer Mac. Jika hal ini benar akan terjadi, maka pengguna macOS akan terus mendapatkan update aplikasi dalam waktu yang lebih cepat, tidak tertinggal dengan pengembangan aplikasi iOS yang biasanya hadir duluan.


Baca Juga:


Salah satu narasumber lain juga menyebutkan bahwa rencana ini akan terkait erat dengan iOS dan macOS baru di tahun 2018. Apple sudah mempersiapkan semuanya selama beberapa tahun dan akan mulai mengenalkan metode ini di WWDC tahun depan atua lebih cepat. Namun di penjelasan akhirnya, narasumber tersebut juga menjelaskan bahwa semuanya masih bisa berubah dan diundur.

Bagi kamu yang belum tahu, konsep menggabungkan toko aplikasi untuk perangkat mobile device dan komputer, sebelumnya sudah dilakukan oleh Microsoft. Yaitu dengan teknologi Universal Windows Platform untuk membuat pengembang aplikasi menyediakan sebuah aplikasi yang bias diunduh pada perangkat ponsel, tablet dan juga komputer. Google juga punya produk yang bisa dibilang mirip yaitu dengan komputer bersistem operasi ChromeOS, unduh aplikasi dari Google Play.

Menurut saya pribadi, konsep aplikasi universal di iOS dan macOS adalah hal yang sangat menarik. Mengingat hardware di perangkat iOS sudah sangat bertenaga dan juga wajah baru di App Store yang mustinya diimbangi dengan perubahan di Mac App Store. Bagaimana dengan kamu, apakah setuju atau ingin tetap kedua hal tadi sebagai hal yang terpisah? Bagikan di kolom komentar ya!


Aplikasi Apple Store Mendadak Hadir di App Store Regional Indonesia

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-12-20/apple-is-said-to-have-plan-to-combine-iphone-ipad-and-mac-apps”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest