Follow Us

Panduan App Store Tambah Penjelasan Aplikasi Template, VPN dan Cryptocurrency

Bagus Hernawan - Kamis, 21 Desember 2017 | 13:51
Panduan App Store Tambah Penjelasan Aplikasi Template, VPN dan Cryptocurrency

App Store Review Guidelines atau panduan untuk para pengembang yang akan mendaftarkan aplikasinya di App Store, kembali mendapatkan update jelang akhri tahun 2017. Beberapa update ini cukup menarik dan sesuai pada kasus yang sebelumnya pernah ada. Seperti pertaturan seputar aplikasi dengan desain template, VPN yang diblokir di Tiongkok dan juga transaksi Cryptocurrency.

Catatan pertama adalah aplikasi yang menggunakan desain template. Apple mengubah aturan tersebut atau lebih tepatnya memberikan penjelasan tambahan. Yaitu pemilik layanan yang menggunakan desain template harus mendaftarkan aplikasinya sendiri di iTunes Connect, bukan menggunakan akun milik penyedia layanan template.

4.2.6. Apps created from a commercialized template or app generation service will be rejected unless they are submitted directly by the provider of the app’s content. These services should not submit apps on behalf of their clients and should offer tools that let their clients create customized, innovative apps that provide unique customer experiences.


Baca Juga:


Penjelasan berikutnya adalah aplikasi dengan fitur VPN (Virtual Private Network) yang sebelumnya banyak dihapus oleh Apple di App Store regional Tiongkok. Apple menjelaskan bahwa kehadiran aplikasi VPN harus sesuai pada peraturan di sebuah negara. Selain itu aplikasi VPN juga harus transparan dalam hal penjelasan data apa saja yang dikumpulkan dari para penggunanya, menggunakan NEVPNManager API.

Apps offering VPN services must utilize the NEVPNManager API and must make a clear declaration of what user data will be collected and how it will be used. VPN apps must not violate local laws, and if you choose to make your VPN app available in a territory that requires a VPN license you must provide your license information in the App Review Notes field.

Catatan terakhir adalah aplikasi dengan fitur Cryptocurrency atau transaksi mata uang kripto. Apple menjelaskan bahwa Cryptocurrency harus berasal dari pihak yang sudah disetujui layanan perbankan atau hal terkait.

Apps facilitating Initial Coin Offerings (“ICOs”), cryptocurrency futures trading, and other crypto-securities or quasi-securities trading must come from established banks, securities firms, futures commission merchants (“FCM”), or other approved financial institutions and must comply with all applicable laws.

Sebagai tambahan, Apple juga menjelaskan HomeKit dan HealthKit yang akan terus ditingkatkan dan dijaga agar tidak menjadi fitur baru yang disalahgunakan baik oleh pengembang aplikasi atau pengguna secara umum. Penjelasan lengkapnya dapat kamu simak di laman sumber berita ya!


Apple Hapus Beragam Aplikasi VPN di App Store Tiongkok, Apa Alasannya?

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/12/20/app-store-guidelines-template-apps-vpns-more/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest