Follow Us

Celah ‘Memori Kernel Bocor’ di CPU Intel Sudah Ditutup Apple Sejak macOS 10.13.2

Bagus Hernawan - Kamis, 04 Januari 2018 | 11:05
Celah ‘Memori Kernel Bocor’ di CPU Intel Sudah Ditutup Apple Sejak macOS 10.13.2

Sudah membaca berita terbaru mengenai celah keamanan di level memori kernel yang dialami semua CPU Intel? Kabar baik, ternyata Apple diam-diam sudah menutup masalah tersebut. Tepatnya sejak macOS High Sierra 10.13.2 beberapa minggu lalu. Hal ini disampaikan oleh Alex Ionesco, peneliti keamanan sistem operasi di Mac dan Windows.

Bahkan menurutnya, macOS 10.13.3 Beta yang saat ini sedang dikembangkan Apple juga punya beberapa perbaikan penting untuk masalah tersebut. Sayangnya dia tidak berkenan memberikan detail perbaikan di iOS 10.13.3 Beta karena sedang bekerjasama dengan Apple.


Baca Juga:


Dalam catatan sebelumnya, perbaikan untuk masalah Kernel memori diduga dapat membuat komputer menjadi lemot. Yaitu dalam angka prosentase penurunan performa dari 5% sampai 30%. Namun menurut laman AppleInsider dan beberapa pakar keamanan, macOS 10.13.2 tidak mengalami penurunan performa yang signifikan meskipun sudah mendapatkan perbaikan tersebut.

Pihak Windows kabarya sudah mengetahui masalah yang sama dan sedang mempersiapkan update untuk menambal celah keamanan tersebut. Namun belum ada tanggal pasti untuk rilis perbaikan yang dimaksud, bisa dalam waktu dekat atau masih cukup lama.

Celah keamanan kernel memori yang sedang ramai dibicarakan ini dapat menyebabkan data privasi pengguna bocor kepada pihak tidak berwenang jika diserang oleh Malware. Ya, karena data yang disimpan di level kernel memori bisa berupa password, application keys, cache dan beragam info pribadi lainnya. Namun jika diperbaiki lewat level sistem operasi menggunakan Kernel Page Table Isolation, kabarnya komputr yang kamu gunakan bisa mengalami penurunan performa yang cukup besar.

[source site_name = “Appleinsider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/18/01/03/apple-has-already-partially-implemented-fix-in-macos-for-kpti-intel-cpu-security-flaw”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest