Follow Us

Jalur Downgrade ke iOS 8, iOS 7 dan iOS 6 Mendadak Dibuka!

Bagus Hernawan - Kamis, 11 Januari 2018 | 13:14
Jalur Downgrade ke iOS 8, iOS 7 dan iOS 6 Mendadak Dibuka!

Apple hari ini mendadak buka signed IPSW atau jalur untuk melakukan restore ke beberapa versi iOS. Dikutip dari akun Telegram Bot iOSUpdates, versi iOS yang dibuka mulai dari iOS 6, iOS 7, iOS 8 dan juga iOS 9.

Sedangkan perangkat yang bisa melakukan downgrade tersebut mulai dari iPhone 4, iPhone 5, iPhone 5s dan beberapa versi iPad. Dari pengamatan tim MakeMac, semuanya adalah perangkat dengan CPU Apple A6 atau yang lebih lawas.

Belum ada penjelasan apapun dari Apple atau pihak lain mengenai anomali tersebut. Hal ini bisa dibilang kesempatan yang langka dan bukan kebiasaan Apple untuk kembali membuka signed IPSW pada iOS versi lawas.

Sebut saja perangkat iPhone 4 yang terakhir mendapatkan iOS 7.1.2 pada tahun 2014, kini jalur downgrade ke iOS 6.1.3 dibuka lagi.

Sedangkan pengguna perangkat iPhone 5s bahkan bisa memilih downgrade iOS ke versi yang diinginkan yaitu mulai dari iOS 8.0, iOS 7.1.1, iOS 7.1 dan iOS 7.0.4.

Bagi kamu yang ingin mencoba dowgrade, berikut ini beberapa tips dan persiapan yang harus kamu lakukan.

  1. Cek di ipsw.me atau laman sejenis untuk iOS yang masih didaftarkan oleh Apple dan bisa melakukan downgrade. Unduh IPSW tersebut sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.
  2. Lakukan backup karena dowgrade akan menghapus data dari iOS yang lebih baru dan tidak bisa melakukan Restore from Backup.
  3. Buka iTunes, pilih IPSW yang barusan kamu unduh dan tekan tombol Restore sambil menahan tuts keyboard Option (Mac) atau Shift (Windows). Pilih IPSW yang tadi sudah kamu unduh untuk melakukan downgrade.
  4. Tunggu proses downgrade berlangsung dan pastikan komputer memiliki akses internet yang stabil.
Disclaimer: Tim MakeMac tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan perangkat, kehilangan data atau beragam hal lainnya jika kamu melakukan dowgrade.

Baca lagi panduan downgrade yang pernah tim MakeMac bagikan dan pastikan kamu punya waktu luang untuk melakukan hal tersebut.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang berhasil melakukan dowgrade? Perangkat apa yang kamu gunakan? Silakan bagikan di kolom komentar atau mention ke @MakeMac ya!

Update: Jalur Downgrade ke iOS 8, iOS 7 dan iOS 6 sekarang sudah ditutup Apple. Hal tersebut disampaikan pengembang Steve Troughton-Smith dalam tweet yang baru saja dipostingnya.

I believe the signing window has now closed — safe to assume that it was a mistake. Funny how often it happens, though https://t.co/5gPOnqizwS

— Steve Troughton-Smith (@stroughtonsmith) January 11, 2018

Bisa jadi dibukanya jalur downgrade ke iOS 8, iOS 7 dan iOS 6 tersebut adalah kesalahan yang tidak sengaja dilakukan Apple. Hal ini sebenarnya lumrah karena memang kerap terjadi dalam suatu waktu.

Source : MakeMac.com

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular