Follow Us

Awas, Ada Celah Keamanan System Preferences App Store di macOS High Sierra

Bagus Hernawan - Senin, 15 Januari 2018 | 10:33
Awas, Ada Celah Keamanan System Preferences App Store di macOS High Sierra

Beberapa pekan lalu, Apple dianggap sangat ceroboh karena ada sebuah bug system yang membuat akun Root User bisa aktif secara otomatis dan digunakan oleh siapa saja. Kini hal yang mirip kembali terulang, yaitu pada bagian System Preferences untuk pengaturan App Store. Pengguna bisa membuka gembok di bagian pengaturan tersebut, tanpa perlu mengisi password yang benar.

Dikutip dari laman MacRumors, bug system ini hanya terjadi di macOS High Sierra 10.13.2, akun Administrator dan hanya di bagian pengaturan App Store. Pengguna di macOS Sierra atau macOS High Sierra yang tidak menggunakan akun Admin, tidak akan menemukan masalah tersebut. Penasaran ingin mencoba celah keamanan yang dimaksud? Berikut ini panduannya:

  1. Buka System Preferences.
  2. Tekan ikon App Store.
  3. Buka ikon gembok di pojok kiri bawah.
  4. Masukkan Username dan gunakan password yang salah.
  5. Tekan unlock.

Baca Juga:


Setelah melakukan langkah di atas, pengaturan untuk App Store di System Preferences dapat kamu akses meskipun menggunakan password yang salah. Beberapa pengaturan yang dapat diubah setelah membuka gembok adalah pengaturan auto download, input password untuk pembelian konten berikutnya setelah batasan waktu yang diberikan dan juga beberapa hal lainnya. Tidak ada hal yang kruisial di bagian pengaturan ini seperti pada masalah akses Root User sebelumnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple sudah meminta maaf untuk celah keamanan Root User yang sebelumnya terjadi di macOS High Sierra. Apple juga berjanji akan melakukan audit untuk tim bagian pengembangan sistem operasi dan menjanjikan masalah serupa tidak akan terulang.

Apakah kamu sudah menggunakan macOS High Sierra dan menemukan bug system yang saya jelaskan di atas? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2018/01/10/macos-high-sierra-app-store-password-bug/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest