Follow Us

Apple Mulai Bayar Pajak Berlaku Surut Sebesar $16 Miliar ke Irlandia

Andri Alfansyah - Senin, 22 Januari 2018 | 13:56
Apple Mulai Bayar Pajak Berlaku Surut Sebesar $16 Miliar ke Irlandia

Apple pada Agustus 2016 lalu dinyatakan Komisi Eropa sudah menerima bantuan pajak ilegal dari pemerintah Irlandia sebesar €13 miliar atau $16 miliar. Setelah hampir dua tahun berlalu, pencipta iPhone itu dikabarkan berencana membayar pajak tersebut kepada pemerintah Irlandia.

Sebagaimana dilansir Cult of Mac dari RTE.ie, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Irlandia Derek Moran dalam surat yang dilayangkan ke Public Accounts Committee mengatakan, pembayaran pajak dari Apple tersebut bakal dilakukan antara bulan Maret hingga September mendatang.

“However, identification of the escrow agent/custodian by the end of March 2018 will then allow for a payment into the escrow fund account, with payments continuing through the course of April, May and June and up to the end of September 2018.”

Pembayaran pajak dari Apple disebutkan bakal disimpan dalam rekening milik pihak ketiga yang ditunjuk sementara menunggu kasus ini selesai. Lantaran Apple dan pemerintah Irlandia masih dalam proses mengajukan banding melawan Komisi Eropa.


Baca juga:


Meski demikian, Moran enggan memberikan kepastian tanggal kapan Apple harus menyelesaikan pembayaran pajak yang berlaku surut sejak tahun 2003–2014 tersebut. Hal ini mengingat skala dan sifatnya, serta pemulihan yang masih berlangsung.

Karena pembayaran tersebut saat sedang dipermasalahkan, kantor statistik Uni Eropa, Eurostat dalam konfirmasinya mengatakan uang dibayarkan Apple tersebut tidak termasuk angka mengenai hutang atau pendapatan nasional Irlandia.

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “https://www.cultofmac.com/524019/apple-eu-tax-bill-march/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest