Follow Us

Kualitas Audio HomePod Melibas Smart Speaker Lain

Bagus Hernawan - Jumat, 26 Januari 2018 | 14:05
Kualitas Audio HomePod Melibas Smart Speaker Lain

Setelah mendapatkan penundaan rilis selama beberapa bulan, Apple akhirnya akan menjual HomePod tanggal 9 Februari 2018 mendatang (preorder akhir pekan ini). Dalam rilis awal, hanya 3 negara yang akan menjual HomePod yaitu Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Harga yang diberikan adalah $349 untuk warna Space Grey dan Silver.

Apple selalu menjelaskan HomePod sebagai speaker pintar yang dibekali Siri, beragam teknologi audio menarik dan juga sensor untuk mendeteksi ruangan yang kamu gunakan. Namun bagaimana dengan kualitas audionya?

Tim Cook dalam beberapa kesempatan lalu menjelaskan bahwa kualitas suara di HomePod juga menjadi salah satu perhatian penting. Menurutnya, di pasaran Smart Speaker lainnya belum ada yang memikirkan kualitas audio secara maksimal. Bagian ini yang digarap serius oleh Apple dengan mengusung 7 Tweeter dalam posisi memutar dan Woofer pada bagian atas serta 6 buah mikrofon untuk memaksimalkan teknologi Siri.

Madeline Buxton, salah satu Editor di laman Refinery29 sudah mendapatkan kesempatna istimewa untuk menjajal HomePod. Khususnya di bagian kualitas audio, wanita ini menjelaskan bahwa HomePod punya suara yang apik dan bisa mengalahkan para pesaingnya. Mulai dari Google Home Max, Amazon Echo dan Sonos One.

When I listened to the speaker next to Google Home Max, the latest Amazon Echo, and Sonos One, the vocals were consistently crisper and clearer on HomePod. The pluck of guitar strings pops, and bass notes have the robust thump-thump you want from them.


Baca Juga:


Penjelasan lain yang diberikan oleh Madeline Buxton adalah kekuatan suara. HomePod bisa memberikan kekuatan suara yang sama rata dalam sebuah ruangan. Tidak peduli dimana kamu meletakkan HomePod, sistem deteksi cerdas yang ada di dalamnya akan mengkalkulasi ruangan yang digunakan dan memberikan output suara pada arah yang tepat atau perlu mendapatkan kekuatan lebih besar.

Sayangnya menurut Madeline Buxton, HomePod masih perlu beberapa peningkatan lagi di fitur Siri. Beberapa mode keamanan yang diusung oleh Apple untuk penggunaan Siri, bisa menjadi bumerang dan membuat pengguna ogah membeli speaker ini karena batasan yang diberikan.

Seperti mode membuat catatan, kirim pesan dan beberapa hal lainnya yang dikunci Apple untuk dapat digunakan hanya oleh pemilik akun iCloud dari HomePod. Fitur serupa di perangkat Google Home dan Amazon Echo dapat diakses dengan lebih leluasa dan mengenali suara setiap pengguna jika diperlukan.


EarPods Lightning vs. EarPods Headphone Jack: Apa Perbedaannya?

[source site_name = “Refinery29” site_url = “http://www.refinery29.com/2018/01/188840/apple-homepod-speaker-quality”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest