Follow Us

Cara Mengecek iPhone Baru, Refurbished atau Replacement Unit, Simak

Bagus Hernawan - Kamis, 20 Juli 2023 | 12:10
Cara Mengecek iPhone Baru, Refurbished atau Replacement Unit

Cara Mengecek iPhone Baru, Refurbished atau Replacement Unit

Makemac - Apakah kamu baru saja membeli iPhone bekas?

Mungkin kamu penasaran apakah iPhone tersebut dibeli sebelumnya dari kondisi baru, produk Refurbished resmi dari Apple atau Replacement Unit?

Di artikel ini kamu bisa mencari tahu asal muasal iPhone bekas yang kamu beli. Yuk simak panduannya!

Cara Cek iPhone Baru, Refurbished atau Replacement Unit

Cara yang dapat kamu gunakan untuk mengecek apakah iPhone tersebut dibeli dari kondisi baru, Refurbished atau Replacement Unit adalah melalui Model Number yang ada di bagian pengaturan.

Berikut ini cara melihat Model Number yang ada di perangkat iPhone:

  1. Masuk ke Settings – General – About.
  2. Scroll ke bawah hingga menemukan list Model. Amati abjad pertama yang tampil dan cocokkan dengan info:
    • M artinya produk baru. Dibeli di Apple Store, Apple Authorized atau toko elektronik yang menjual produk iPhone dari kondisi baru dan normal.
    • F artinya produk Refurbished resmi dari Apple. Produk ini berasal dari sejumlah iPhone yang didaur ulang oleh Apple menjadi sebuah produk baru. Dijual dengan kemasan bertanda khusus dan tetap mendapatkan garansi resmi 1 tahun sejak dibeli.
    • N artinya Replacement Unit. Produk ini berupa unit pengganti dari perangkat iPhone yang kamu klaim di Apple Store karena masalah teknis atau hal lainnya sehingga layak mendapatkan iPhone baru sebagai pengganti.
    • P artinya Personalized Unit. Produk ini dipesan secara custom lewat Apple Online Store dan mendapatkan tanda khusus sesuai permintaan pemesan yaitu engrave (grafir) pada bagian belakang unit.
cek iPhone Baru, Refurbished atau Replacement Unit

cek iPhone Baru, Refurbished atau Replacement Unit

Baca Juga: Mau Beli iPhone Bekas? Begini Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau Ilegal

Bagaimana, mudah ya mendeteksi iPhone yang kamu beli berdasarkan unit baru, Refurbished, Replacement Unit atau malah produk yang dipesan khusus dengan tanda grafir dari Apple?

Sebagai catatan, penjelasan di atas tidak berlaku untuk iPhone rekondisi abal-abal yang sempat beredar marak di Indonesia.

Ya, itu karena iPhone rekondisi yang saya maksud adalah produk iPhone bekas atau yang telah rusak dan diperbaiki secara manual oleh teknisi non Apple.

Sehingga Model Number yang tampil di bagian Settings tidak dapat digunakan secara jelas untuk mengidentifikasi asal muasal perangkat iPhone tersebut.

Malah terkadang jika Serial Number dari produk rekondisi tersebut kamu cek di laman Apple, hasilnya akan nihil atau sudah tidak dapat ditemukan.

Silakan baca info lebih lengkap mengenai sindikat iPhone rekondisi yang pernah diulas oleh tim MakeMac.

Baca Juga: Inilah Penyebab Aplikasi iPhone dan iPad Sering Keluar Sendiri

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest