Follow Us

Singkirkan Qualcomm, Intel Jadi Pemasok Eksklusif Chip Baseband buat iPhone 2018

Andri Alfansyah - Senin, 05 Februari 2018 | 13:40
Singkirkan Qualcomm, Intel Jadi Pemasok Eksklusif Chip Baseband buat iPhone 2018

Qualcomm dipastikan tidak bakal lagi menjadi pemasok chip baseband untuk lini iPhone 2018. Pasalnya, Apple dikabarkan bakal memasok komponen tersebut dari Intel yang didapuk menjadi pemasok eksklusifnya.

Menurut analis dari KGI Securities Ming Chi-Kuo dalam laporannya seperti dilansir 9to5Mac, Intel tidak hanya memiliki persyaratan teknis, tapi juga menawarkan harga yang bersaing untuk komponen chip baseband buatannya.

Qualcomm memang sudah lama diprediksikan bakal kehilangan konsumen terbesarnya, Apple. Hal itu menyusul Apple dan Qualcomm terlibat dalam kasus hukum yang saat ini masih berlangsung soal pembayaran royalti dan pelanggaran paten.

Akhir November tahun lalu, Kuo mengatakan Apple mengadopsi chip baseband baru dari Intel yang mendukung teknologi 4×4 MIMO dengan kecepatan transmisi LTE lebih kencang dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, MIMO 2×2.

Saat itu, Apple dipercaya bakal membagi produksi chip baseband dari Intel dan Qualcomm. Intel disebutkan bakal memasok 70–80 persen komponen, sedangkan Qualcomm bakal memasok sisanya.

Namun laporan terbaru menyebutkan Apple hanya bakal memasok chip baseband secara eksklusif dari Intel saja. Dengan kata lain, iPhone 2018 tidak bakal mengandung komponen buatan Qualcomm.

Baca juga:

Kendati demikian, keputusan Apple tersebut bisa saja berubah. Dengan catatan, Apple dan Qualcomm menemui kesepakatan untuk menyelesaikan kasus hukum di mana keduanya saling melaporkan ke pengadilan terkait pelanggan paten.

Apalagi menurut Kuo, chip baseband dari Intel belum mendukung jaringan 5G lebih cepat daripada Qualcomm. Sehingga hal ini bisa mempengaruhi keputusan Apple dan selanjutnya mencari solusi lain, seperti memasok kembali dari Qualcomm atau Mediatek

Masih dalam laporan sang analis, chip baseband dari Intel sekali lagi disebutkan bakal mendukung Dual-SIM Dual-Standby. Agak janggal memang, lantaran Apple hingga saat ini belum pernah merilis iPhone dengan kartu SIM ganda sebagaimana smartphone dari pesaing. Benar tidaknya laporan ini, kita tunggu saja perkembangan ini.

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest