Follow Us

Apple Siapkan Paten Stylus Bisa Digunakan Tanpa Layar

Andri Alfansyah - Rabu, 07 Februari 2018 | 13:55
Apple Siapkan Paten Stylus Bisa Digunakan Tanpa Layar

Stylus dan layar sentuh adalah dua perangkat yang tidak terpisahkan. Keduanya saling dibutuhkan pengguna untuk menulis catatan, membuat coretan, atau menggambar layaknya menggunakan pena atau pensil sungguhan di kertas.

Namun bagaimana jadinya apabila stylus tersebut bisa digunakan tanpa dukungan layar? Betapa canggihnya jika stylus semacam itu bisa menjadi kenyataan. Kabar baiknya, Apple sedang menyiapkan stylus tersebut dalam paten yang diajukannya.

Dalam laman World Intellectual Property Organization (WIPO) sebagaimana dilansir 9to5Mac, Apple mengajukan paten baru yang memaparkan soal stylus yang dilengkapi dengan teknologi “Force Sensor”. Sehingga bisa digunakan tanpa layar.

In some examples, touch-down and lift-off on a non-touch-sensitive surface can be monitored by a force sensor of the input device. The position and/or motion of the input device can be tracked according to various methods including one or more of a motion and orientation sensor, a camera, or an electromagnetic- or sound-based triangulation scheme.

Bukan hanya untuk perangkat iPad, stylus canggih tersebut disebut-sebut juga bisa digunakan untuk komputer Mac baru di masa depan yang dilengkapi dengan trackpad yang mendukung teknologi Force Touch.


Baca juga:


Jika menjadi kenyataan, stylus tersebut juga kemungkinan bisa digunakan untuk menggerakan objek 3D di dunia nyata. Hal itu bisa saja dilakukan dengan adanya sensor gerak yang dimilikinya, seperti accelerometer dan lainnya, untuk menarik informasi.

Kendati begitu, teknologi stylus tersebut masih berupa paten. Jadi hal ini tidak bisa dijadikan patokan Apple bakal meluncurkan stylus seperti itu. Namun siapa yang tahu, mengingat Apple kabarnya sedang menyiapkan Apple Pencil 2.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2018/02/06/apple-patent-stylus-no-screen/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest