Follow Us

Cara Mudah Format Flash Disk di Komputer Mac, Begini Caranya

Bagus Hernawan - Rabu, 31 Mei 2023 | 16:43
cara format flash disk di mac

cara format flash disk di mac

Makemac - Flash Disk, Hard Disk eksternal adalah media penyimpanan eksternal yang biasa digunakan untuk memindahkan atau mencadangkan dokumen. Biasanya pengguna baru yang beralih dari Windows ke komputer Mac akan bertanya-tanya bagaimana cara format Flash Disk atau Hard Disk Eksternal di komputer Mac? Berikut ini panduan lengkapnya:

Cara Format Flash Disk di Komputer Mac:

    1. Buka aplikasi Disk Utility. Cara dari folder Applications – Utilities atau gunakan bantuan Spotlight.
    2. Gambar di bawah adalah tampilan Disk Utilities di OS X El Capitan, Sierra atau High Sierra. Di bagian sidebar, tekan Flash Disk atau media penyimpanan yang akan kamu format.
    3. Tekan tombol Erase di bagian atas.
    4. Pilih nama dan format yang akan digunakan. Berikut ini penjelasannya:
      • Mac OS Extended (Journaled): Format standar yang digunakan komputer Mac. Wajib digunakan untuk media penyimpanan eksternal yang akan dijadikan Time Machine Backup. Namun format ini tidak mendukung komputer Windows, perlu aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Format ini juga biasa disebut HFS+.
      • Mac OS Extended (Case Sensitive, Journaled): Sama dengan penjelasan sebelumnya, namun format ini punya cara mendeteksi nama dokumen yang sensitif terhadap jenis huruf. Dokumen atau folder dengan nama “MakeMac” dan “makemac” akan dibaca sebagai 2 hal yang berbeda. Tidak semua aplikasi pihak ketiga mendukung format Mac OS Extended (Case Sensitive, Journaled).
      • MS-DOS (FAT): Format universal untuk media penyimpanan eksternal yang bisa digunakan pada komputer Mac dan Windows. Namun format ini tidak mendukung media dengan kapasitas penyimpanan lebih dari 32GB. Selain itu FAT juga tidak mendukung penyimpanan sebuah dokumen dengan ukuran di atas 4GB.
      • ExFAT: Format universal terbaru yang bisa bekerja di media penyimapan di atas 32GB dan mendukung dokumen di atas 4GB. Format ini biasa dipakai untuk kartu memori di kamera digital, SSD atau hard disk eksternal yang sudah menggunakan teknologi nirkabel.
      • APFS: Format baru dari Apple untuk perangkat Flash Storage (SSD) yang hanya bekerja di macOS High Sierra.
        disk utility mac

        disk utility mac

    5. Pilih Skema yang akan digunakan, berikut ini penjelasannya:
      • GUID Partition Map: Digunakan untuk semua komputer Mac dengan CPU Intel.
      • Master Boot Record: Digunakan untuk partisi yang mendukung Windows, FAT atau exFAT.
      • Apple Partition Map: Digunakan untuk mendukung komputer Mac lawas, masih menggunakan CPU Power PC.
    6. Selesai dengan semua pengaturan, tekan tombol Erase untuk menjalankan proses format.

Akhir Kata

Sebagai catatan tambahan, kamu juga mengganti nama (Rename) media penyimpanan yang sudah selesai dibuat. Tinggal akses di Finder atau Disk Utility lalu tekan Rename untuk mengganti nama media penyimpanan.

Baca Juga: SSD Macbook Pro 14 inci 2023 Lebih Lambat dari Generasi Sebelumnya

Sedangkan untuk melihat jenis Format yang digunakan, silakan akses dari Disk Utility lalu amati bagian utama. Cara lain adalah menggunakan Finder yaitu klik kanan lalu pilih Get Info, bisa juga menggunakan shortcut Cmd + i.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular