Follow Us

Bug System Format APFS di macOS High Sierra Membuat Data Hilang

Bagus Hernawan - Selasa, 20 Februari 2018 | 10:24
Bug System Format APFS di macOS High Sierra Membuat Data Hilang

APFS adalah format file system terbaru yang digunakan Apple pada komputer Mac dengan sistem operasi macOS High Sierra. Apple menjanjikan APFS akan lebih aman dan cepat dalam memproses dokumen, terutama bagi pengguna Mac dengan SSD. Namun baru-baru ini telah ditemukan sebuah bug system untuk APFS yang bisa menyebabkan data hilang.

Tim pengembang Bombich (aplikasi Carbon Copy Cloner) menemukan sebuah masalah berbahaya di APFS. Yaitu ketika kamu menggunakan sparse disk image dengan format APFS dan melakukan proses menyalin dokumen ke Desktop, dokumen ini akan hilang. Masalah ini terjadi saat kamu mencabut (unmount) sparse disk image tersebut dan dokumen tetap tidak kembali meskipun sparse disk image kembali dibuka.

When I unmounted and remounted the disk image, however, the video was corrupted. If you’ve ever lost data, you know the kick-in-the-gut feeling that would have ensued. Thankfully, I was just running some tests and the file that disappeared was just test data.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca Juga:


Dapat kamu lihat penjelasan Mike dalam kutipan di atas dan juga videonya, dokumen yang ada di Desktop tidak bisa lagi digunakan. Kamu harus kembali menyalin dokumen yang sama dari sparse disk image ke Desktop untuk dapat kembali menggunakannya.

Sebagai tambahan, Mike juga menemukan beberapa keanehan lagi untuk APFS di sparse disk image. Yaitu mode sisa kapasitas Disk Image yang tidak akurat dan bisa mengganggu produktivitas pengguna untuk menyalin dokumen yang kamu perlukan.

Masalah berikutnya adalah laporan error yang tidak berjalan dengan benar ketika pengguna melakukan proses gagal menulis data di sparse disk image. Hal ini terkait dengan Application Service bernama “diskimages-helper” yang berjalan di belakang layar.

Tim Bombich sudah melaporkan hal tersebut kepada Apple dan masih belum mendaapatkan tanggapan. Hingga masalah ini diperbaiki oleh Apple, mereka akan mencabut dukungan Carbon Copy Cloner dalam fitur membuat Disk Image dalam format APFS. Bagi kamu yang tidak pernah menggunakan teknologi sparse disk image, masalah di APFS ini tidak akan mengganggu data atau cadangan data yang kamu lakukan di Time Machine atau cara lainnya ya.


Cara Format Flash Disk di Komputer Mac

[source site_name = “Bombich” site_url = “https://bombich.com/blog/2018/02/15/macos-may-lose-data-on-apfs-formatted-disk-images”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest