Follow Us

7 Ponsel Android dengan Notch yang Meniru iPhone X

Bagus Hernawan - Senin, 05 Maret 2018 | 11:50
7 Ponsel Android dengan Notch yang Meniru iPhone X

“Notch” atau lekukan di bagian atas layar iPhone X tampaknya menjadi tren baru yang dicontek oleh banyak produsen smartphone pada tahun 2018. Sebelumnya ada Asus Zenfone 5 yang punya desain mirip iPhone X, tampil perdana di MWC 2018.

Kini setelah mendapatkan info dari beragam sumber, secara total ada 7 ponsel Android yang rilis di tahun 2018 dengan desain Notch yang mirip iPhone X. Berikut ini daftar 7 ponsel Android yang menggunakan desain Notch ala iPhone X:

  1. Asus Zenfone 5
  2. Ulefone T2 Pro
  3. Leagoo S9
  4. Huawei P20
  5. Doogee V
  6. OPPO R15
  7. LG G7
Dapat kamu lihat pada daftar di atas, ada beragam merek dari perusahaan besar kelas internasional seperti LG, OPPO, Huwawei hingga Asus yang mencontek desain Notch dari iPhone X. Sisanya adalah smartphone baru atau yang jarang kamu dengan namanya di pasaran Indonesia seperti Ulefone, Leagoo hingga Doogee.

Baca Juga:

  • Petinggi Samsung: Kami Tidak Mencontek Fitur di iPhone X
  • Bocoran Spesifikasi 3 Varian iPhone Baru di Tahun 2018
  • (Video) Home Button Eksternal untuk iPhone X yang Benar-Benar Berfungsi

Desain Spesial di iPhone X yang Tidak Bisa Dicontek

Meskipun merek tetangga bisa meniru Notch di iPhone X dengan beragam bentuk dan ukuran, menurut saya ada 1 hal yang tidak bisa dicontek dari iPhone X oleh mereka semua. Yaitu bagian layar bawah yang penuh, hingga ke tepian layar seperti di perangkat iPhone X.

Apple mendesain layar iPhone X dengan sangat brilian dan memperhatikan detail tersebut secara maksimal. Agar dapat membuat layar iPhone X bisa tampil penuh hingga ke sisi bawah, Apple membuat OLED Panel dalam posisi terlipat di bawah layar, sehingga kabel dan driver yang ada di dalamnya tidak akan memakan tempat pada bagian bawah. Hal tersebut dijelaskan oleh Michael Kukielka (@DetroitBORG) dalam Tweet berikut ini:

Jika dilihat lebih jeli lagi, hampir semua ponsel dalam daftar di atas tidak menggunakan Notch seperti iPhone X. Yaitu memberikan beragam sensor seperti Infrared Camera, Proximity Sensor, Dot Projector dan beberapa hal lain untuk menunjang fitur Face ID, Animoji dan beberapa hal lainnya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Notch yang digunakan oleh ponsel Android lain? Apakah terlihat mencontek iPhone X? Bagikan di kolom komentar ya!

Peniru Ulung Notch di iPhone X adalah Asus Zenfone 5

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest