Follow Us

(Video) Apakah Facebook Mencuri Dengar Semua Aktivitas di iPhone?

Bagus Hernawan - Jumat, 09 Maret 2018 | 14:24
(Video) Apakah Facebook Mencuri Dengar Semua Aktivitas di iPhone?

Facebook dan iklan adalah 2 hal yang saya sebut tidak bisa terpisahkan. Sosial media terbesar ini punya banyak iklan yang bisa tampil saat kamu menikmati waktu luang, membaca beragam status atau melihat foto dan video di iPhone atau Facebook.com. Bahkan beberapa iklan yang tampil terasa sangat cocok dengan pengguna, hingga sejumlah orang punya teori yang cukup aneh.

Ya, sejumlah kalangan merasa bahwa Facebook mencuri dengan semua aktivitas kamu lewat mikrofon di perangkat iPhone. Semua hal yang kamu bicarakan, terekam dan menjadi cara mereka untuk menampilkan iklan di aplikasinya. Apakah benar?

Joanna Stern dari WSJ mencari tahu hal ini dengan beragam riset dan wawancara. Dia juga membagikan kisahnya dalam video bergaya unik seperti biasanya. Coba simak dulu yuk!

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Facebook Tidak Nguping

Teori bahwa Facebook nguping (mencuri dengar) di aplikasi Facebook for iOS ternyata tidak benar. Joanna Stern menjelaskan bahwa semua metode pelacakan kebiasaan pengguna untuk menampilkan iklan terbagi dalam beberapa kemungkinan. Mulai dari akses data yang kamu berikan seperti Location Services, kebiasaan akses website di peramban dan juga layanan belanja di toko yang menggunakan sistem Loyalty Card atau kartu berlangganan.

Sebagai contoh untuk data dari Location Services. Facebook bisa membaca seberapa sering kamu mengunjungi sebuah tempat dan menampilkan iklan untuk beberapa layanan belanja di daerah tersebut. Jika kamu kembali lagi kesana, bahkan Facebook bisa saja memberikan iklan dengan tampilan diskon khusus di hari tertentu.

Joe Osborne (juru bicara Facebook) menjelaskan bahwa iklan dengan target yang spesifik akan memudahkan semua pihak. Facebook juga tidak akan membagikan informasi privasi pengguna dan tentunya tetap memberikan kendali agar kamu dapat mengelola iklan yang tampil.

“When ad targeting is used well, it makes advertising better,” says Facebook spokesperson Joe Osborne. “That’s why we build our targeting tools in a way that doesn’t share people’s personal information with advertisers and that gives people control over the ads they see.”


Baca Juga:


Menjauh Dari “Pengawasan” Facebook

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjauh dari “pengawasan” Facebook. Semuanya ada di bagian pengaturan perangkat iOS dan mungkin bisa ditambahkan dengan mengubah kebiasaan penggunan sosial media dan akses internet.

Mulai dari mengatur penggunaan Location Services di aplikasi Facebook, mengatur fitur Limit Ad Tracking di perangkat iOS dan menggunakan Private Browsing untuk mencegah tracker atau peramban dapat melacak kebiasaan pengguna dalam mengakses internet. Bahkan jika masih berpikir bahwa Facebook mencuri dengar di iPhone kamu, matikan saja akses mikrofon dari pengaturan.


Hasil Pengujian Face ID di iPhone X dengan Kumis Palsu, Topeng dan Bocah Kembar

[source site_name = “WSJ” site_url = “https://www.wsj.com/articles/facebook-really-is-spying-on-you-just-not-through-your-phones-mic-1520448644”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest