Follow Us

Apple Mengenalkan Versi Baru Dari iWork Dengan Dukungan Apple Pencil

Alexius Aditya - Rabu, 28 Maret 2018 | 19:06
Apple Mengenalkan Versi Baru Dari iWork Dengan Dukungan Apple Pencil

Pada acara edukasi di sekolah pagi tadi, Apple mengumumkan versi terbaru dari iWork Suite. Pages, Keynote, dan Numbers atau lebih singkatnya disebut iWork Suite untuk iPad akan mendapatkan beberapa fitur tambahan dan mulai sekarang telah terintegrasi secara penuh dengan Apple Pencil.

Pages kini mulai terintegrasi dengan fitur untuk menulis sebuah buku. Fitur ini adalah pengganti dari aplikasi iBooks Author yang hanya tersedia di Mac saja. Dengan adanya pembaruan terbaru ini, pengguna dapat menambahkan gambar dan anotasi secara langsung ke dokumen mereka di Keynote, Number, dan Pages dengan hanya menulis menggunakan stylus milik Apple, yaitu Apple Pencil.

Selain hal diatas, Pages juga akan mendapatkan fitur baru lainnya yang dinamakan Smart Annotation. Ketika pengguna menggaris-bawahi suatu kata dan memberikan anotasi kepada suatu dokumen, kata tersebut tidak hanya diam saja, namun mereka mulai mengaitkan diri dengan kata-kata di sekitarnya.

Pada contoh diatas, kamu bisa melihat ketika kata ‘about’ dilingkari. Seketika itu juga, kata-kata disekitarnya ikut bergerak mengikuti. Seperti itulah gambaran visualnya.

Pages juga telah terintegrasi dengan fasilitas untuk membuat buku digital di dalam kelas. Sebelumnya, para guru membutuhkan Mac yang sudah terinstall dengan iBook Author untuk melakukan hal sederhana tersebut. Tentunya hal ini dirasa kurang praktis dan tidak efektif. Sekarang, fitur tersebut langsung disematkan ke dalam aplikasi Pages yang tersedia di iOS, macOS, dan iCloud.com.

Penulis buku dapat memasukkan foto, video, desain menggunakan Apple Pencil dan lainnya. Mereka juga dapat secara langsung membagikan buku yang telah diselesaikan untuk kemudian dipublikasikan di iBooks.


Baca Juga:

Penulisan buku tidak hanya dapat dilakukan oleh perorangan, melainkan dapat dilakukan secara kolaborasi sebagai proyek grup. Para guru dapat menuliskan anotasi langsung pada dokumen tersebut untuk menandai kerja mereka.

Editor : Alexius Aditya

Latest