Follow Us

Rencana Twitter Hapus API Penting untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Bagus Hernawan - Minggu, 08 April 2018 | 20:03
Rencana Twitter Hapus API Penting untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Tahun lalu, Twitter sudah mengumumkan bahwa mereka akan menghapus API Site Streams & User Streams. API ini biasa digunakan oleh aplikasi pihak ketiga untuk memberikan fitur streaming timeline atau update timenline secara otomatis dan beberapa hal lain sehubungan dengan fitur notifikasi.

Tentu saja hal ini mendapatkan penolakan atau keluhan berat dari pengembang aplikasi pihak ketiga. Diantara lain adalah Tweetbot, Talon, Tweetings dan Twitterrific. Mereka sampai membuat sebuah laman website Apps of a Feather untuk memberikan penjelasan lengkap kepada para pengguna setianya.

The new Account Activity API is currently in beta testing, but third-party developers have not been given access and time is running out.


Baca Juga:


Penjelasan yang diberikan mulai dari rencana Twitter menghapus API Site Streams & User Streams, mengganti dengan API baru bernama API Account Activity dan efek yang dapat ditimbulkan. Laman tersebut juga menghimbau para pengguna Twitter untuk menanyakan hal ini kepada tim Twitter Developer dan meramaikan tagar #BreakingMyTwitter untuk mendapatkan perhatian dari Twitter.

Semua usaha ini akhirnya berbuah manis. Akun @TwitterDev akhirnya menjelaskan bahwa mereka akan menunda rencana untuk mengganti API Site Streams & User Streams yang harusnya dilakukan 19 Juni mendatang. Belum ada penjelasan kapan rencana tersebut akan dilanjutkan dan membuat para pengembang aplikasi pihak ketiga kehilangan fitur penting dari API tersebut.

Namun Twitter berjanji bahwa API Account Activity akan dibagikan segera kepada para pengembang pihak ketiga dalam label Beta. Setelah resmi digunakan untuk pengguna umum, para pengembang aplikasi punya waktu hingga 90 hari ke depan sebagai masa transisi dan menggunakan API tersebut pada aplikasi mereka.


Twitterrific 5 for Mac: Tampilan Baru, Ringkas dan Mode Edit Tweet


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest