Follow Us

Cara Mengubah Live Photo Menjadi Foto Biasa di iOS 11

Bagus Hernawan - Kamis, 12 April 2018 | 17:06
Cara Mengubah Live Photo Menjadi Foto Biasa di iOS 11

Live Photo adalah fitur merekam sebuah foto dengan dokumen video pelengkap, beberapa detik sebelum dan sesudah foto dijepret. Fitur ini hadir di iPhone 6s iOS dengan iOS 9 dan terus dibawa hingga ke iOS 11. Salah satu cara untuk mengecek apakah dokumen foto kamu berupa Live Photo adalah ikon LIVE di sebelah kanan atas.

Bagaimana cara mengubah Live Photo menjadi dokumen foto biasa di perangkat iOS 11? Ada 2 cara yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu instal aplikasi tambahan. Berikut ini panduan lengkapnya:

Mengubah Dokumen Live Photo Menjadi Foto Biasa di iOS 11

1. Menggunakan Mode Edit

  1. Cari dokumen Live Photo yang ingin kamu ubah menjadi foto biasa di Camera Roll. Pilih foto tersebut hingga masuk ke mode tampilan penuh di layar.
  2. Tekan tombol Edit di kanan atas layar.
  3. Masuk dalam mode Edit, tekan ikon LIVE dengan blok teks warna kuning hingga menjadi tulisan OFF.
  4. Simpan mode editing yang sudah kamu lakukan dengan menekan tombol Done.

Baca Juga:


2. Menggunakan Mode Duplicate

  1. Cari dokumen Live Photo yang ingin kamu ubah menjadi foto biasa di Camera Roll. Pilih foto tersebut hingga masuk ke mode tampilan penuh di layar.
  2. Tekan ikon Share Extension di bagian kiri bawah layar.
  3. Cari tombol Duplicate.
  4. Pilih mode Duplicate as Still Photo untuk mendapatkan salinan data yang sama namun tidak menggunakan mode Live Photo.

Pilih Cara yang Mana?

Dari 2 cara di atas, saya pribadi biasa menggunakan cara pertama. Meskipun mode Live Photo dimatikan, dokumen foto tersebut tetap bisa diakses lewat folder Live Photo di aplikasi Photos. Berbeda dengan mode Duplicate as Still Photos, perangkat iOS akan memiliki 2 buah dokumen yang sama dan tentunya lebih boros tempat penyimpanan.

Ingin mematikan mode Live Photo secara default atau hanya ingin menggunakan ketika diperlukan? Mudah saja, silakan gunakan fitur Preserve Settings ya! Aktifkan mode Live Photo di Preserve Settings yang dapat kamu temukan di Settings – Camera – Preserve Settings – Live Photo – ON. Setelah itu masuk ke aplikasi Camera untuk mematikan Live Photo. Dengan cara tersebut, setiap kamu membuka aplikasi Camera maka mode Live Photos ada dalam posisi tidak aktif.


Kupas Tuntas Memotret Gambar RAW di iPhone


Cara Mengetik Emoticon Rahasia di Keyboard iPhone


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest