Follow Us

GrayKey Bisa Jebol Passcode Lock 6 Digit Angka dalam Waktu 11 Jam

Bagus Hernawan - Selasa, 17 April 2018 | 16:01
GrayKey Bisa Jebol Passcode Lock 6 Digit Angka dalam Waktu 11 Jam

GrayKey, alat untuk jebol passcode lock iPhone yang baru-baru ini banyak dibeli oleh kepolisian AS, ternyata punya waktu cukup singkat untuk digunakan.

Dikutip dari Tweet Matthew Green, asisten professor dan kriptografer dari John Hopkins Information Security Institute, GrayKey bisa menembus iPhone dengan Passcode Lock 6 digit angka cukup dalam waktu 11 jam. Bahkan untuk Passcode Lock 4 digit, hanya memerlukan waktu 6.5 menit hingga 13 menit saja.

Alat ini menggunakan celah keamanan (exploit) di mode Passcode Lock yang seharusnya akan memberikan waktu lebih lama, setiap kamu gagal memberikan Passcode Lock yang tepat. Bahkan ketika pengguna mengatur mode hapus data secara otomatis saat melakukan 10x kesalahan input Passcode Lock, GrayKey bisa menembus pengaturan tersebut dan mencoba kombinasi kode lain untuk menjebol Passcode Lock.

Guide to iOS estimated passcode cracking times (assumes random decimal passcode + an exploit that breaks SEP throttling):

4 digits: ~13min worst (~6.5avg)6 digits: ~22.2hrs worst (~11.1avg)8 digits: ~92.5days worst (~46avg)10 digits: ~9259days worst (~4629avg)

— Matthew Green (@matthew_d_green) April 16, 2018

Dapat kamu lihat pada kutipan di atas, ada jarak waktu yang sangat jauh untuk menjebol Passcode Lock 4 digit dan 6 digit. Apple sebetulnya sudah memberikan pengaturan bawaan di iOS 9 sejak tahun 2015 agar kamu menggunakan Passcode Lock 6 digit demi keamanan. Opsi yang lebih baik lagi adalah menggunakan Passcode Lock dengan kode angka yang lebih panjang.

Namun jika kamu sangat serius untuk memberikan proteksi Passcode Lock di perangkat iPhone atau iPad, silakan gunakan mode Custom Alphanumeric Code dengan minimal 7 karakter. Sejumlah pakar keamanan menyebutkan bahwa penggunaan Custom Alphanumeric Code sebaiknya berupa kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta tanda baca jika diperlukan. Pastikan saja kode tersebut adalah kata yang unik, sulit ditebak namun mudah kamu ingat atau bahkan selalu teringat di luar kepala.

Apakah kamu sudah menggunakan Passcode Lock yang aman untuk melindungi privasi dan beraga hal penting di dalam perangkat iPhone? JIka belum, silakan baca tips berikut ini dari MakeMac untuk membuat Passcode Lock ekstra aman ya!

Source : MakeMac.com

Editor : Bagus Hernawan

Latest