Follow Us

Cara Menggunakan Fitur Hot Corners di Komputer Mac

Bagus Hernawan - Senin, 30 April 2018 | 12:48
Cara Menggunakan Fitur Hot Corners di Komputer Mac

Hot Corners adalah salah satu fitur yang pertama saya atur di komputer Mac. Sesuai dengan namanya, Hot Corners adalah fitur untuk menggunakan setiap tepian layar (corner) di komputer Mac untuk shortcut pilihan. Bagaimana cara menggunakan Hot Corners? Kenapa kamu harus mengatur Hot Corners? Simak info lengkapnya di bawah ini ya!

Cara Mengatur Hot Corners

  1. Masuk ke System Preferences.
  2. Akses ikon Desktop & Screen Saver.
  3. Masuk ke tab Screen Saver. Tekan tombol Hot Corners di bagian kanan bawah.
  4. Sebuah jendela informasi tambahan akan tampil dan silakan atur penggunan Hot Corners di setiap sudut layar. Mulai dari kanan atas, kiri atas, kanan bawha dan kiri bawah.

Daftar Shortcut di Hot Corners:

Berikut ini daftar shortcut yang bisa kamu gunakan di Hot Corners:

  • Start Screen Saver
  • Disable Screen Saver
  • Mission Control
  • Application Windows
  • Desktop
  • Dashboard
  • Notification Center
  • Launchpad
  • Put Display toCara Menggunakan Hot Corners
Setelah mengatur setiap sudut yang kamu perlukan, sekarang saatnya mencoba Hot Corners. Silakan arahkan kursor komputer Mac ke salah satu sudut agar komputer Mac dapat menjalankan shortcut Hot Corner yang kamu pilih.

Sebagai catatan, sudut Hot Corners tidak bisa bisa berjalan jika kamu menggunakan komputer tambahan dengan mode Extended Display ya. Misalkan saat kamu menggunakan pengaturan layar Mac ada di kiri layar tambahan, sudut kanan atas dan kanan bawah pada mode Hot Corners tidak akan berlaku di layar komputer Mac.

Kombinasi Hot Corners dan Tombol

Terlalu sering mengarahkan kursor ke sudut layar dan membuat kamu tidak sengaja mengaktifkan Hot Corners? Gampang, gunakan saja mode tombol tambahan di Hot Corners. Sehingga pengguna harus menekan tombol tertentu sambil melarikan kursor ke sudut yang diatur.

Bagaimana cara menggunakan kombinsi Hot Corners dan tombol? Silakan baca kembali tutorial di bagian atas. Namun ketika memilih mode shortuct di salah satu sudut, kamu harus menekan tombol shortcut Shift, Control, Option atau Command. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi yang berbeda di setiap sudut atau lebih dari satu tombol.

Contoh Penggunaan Hot Corners

Saya sering menggunakan Hot Corners sebagai cara mudah untuk menyimpan konten gambar dari sebuah website ke Desktop. Yaitu menggunakan sudut kanan atas dengan pengaturan Hot Corners untuk Desktop. Setelah itu tekan dan tahan gambar yang akan kamu unduh di web, lalu lempar kursor ke kanan hingga tampil Desktop. Terakhir tinggal lepas kursor dan gambar tersebut sudah kamu dapatkan.

Sudah Menggunakan Hot Corners?

Apakah kamu sudah menggunakan Hot Corners sebelumnya atau baru tahu mengenai fitur ini setelah membaca artikel dari MakeMac? Bagaimana kombinasi pengaturan sudut yang kamu gunakan? Bagikan di kolom komentar dan selamat mencoba Hot Corners ya!

Source : MakeMac.com

Editor : Bagus Hernawan

Latest