Follow Us

Review Harry Potter, Sebuah RPG Yang Tak Dinantikan

Alexius Aditya - Kamis, 03 Mei 2018 | 17:25
Review Harry Potter, Sebuah RPG Yang Tak Dinantikan

Sampai saat ini, Harry Potter adalah salah satu judul game yang paling ditunggu untuk hadir di ponsel. Namun karena beberapa alasan, sampai sekarang belum ada game Harry Potter yang benar-benar layak untuk diacungi jempol semenjak kehadiran Lego Harry Potter yang telah dirilis beberapa tahun yang lalu. Pengembang Jam City sepertinya ingin menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan Harry Potter: Hogwarts Mystery.

Semasa saya bersekolah dulu, saya adalah salah satu penggemar Harry Potter. Saya membaca bukunya setiap sebelum tidur dan hal tersebut saya lakukan berulang kali. Ini terjadi sebelum filmnya mulai beredar. Bahkan untuk mendapatkan bukunya, saya harus menabung sekian lama karena memang harganya yang tidak murah.

Sayangnya saya tidak pernah menyelesaikan seri Harry Potter ini karena alasan yang tidak bisa saya ingat. Tapi sampai sekarang, saya masih seorang penggemar Harry Potter dan saya berharap lewat game ini, saya bisa merasakan nostalgia saat saya menemukan Harry Potter untuk pertama kali.

Skenario Pasti, Pemain Tidak Dibiarkan Beraksi Sendiri

Saya menyukai game aksi dan saya menyukai game RPG. Gabungkan keduanya menjadi satu genre utuh dan masukkan elemen Harry Potter di dalamnya, maka kamu akan mendapatkan Harry Potter: Hogwarts Mystery. Game Harry Potter yang satu ini akan mengajak pemain untuk langsung masuk ke skenario yang sudah di atur sedemikian rupa, menceritakan Hogwarts dari sisi karakter buatan pemain.

Pada awalnya, kamu boleh membuat karakter milikmu sendiri. Kemudian seperti yang dilakukan oleh Hogwarts setiap datangnya murid-murid baru, kamu akan diseleksi oleh sang topi seleksi. Sayangnya, karena harus sesuai skenario, seleksi ini tidak terjadi secara acak. Sebagai gantinya, kamu boleh memilih langsung dari keempat tim, dimana kamu akan ditempatkan.

Setiap tim akan memiliki karakteristik masing-masing. Hal ini akan mempunyai efek langsung di dalam cerita nantinya. Karena jalan ceritanya akan berkembang dari cara kamu berinteraksi dengan beberapa karakter selama berada di dalam permainan. Terkadang, opsi pembicaraan itu bergantung pada kemampuan yang dimiliki karaktermu.

Sebuah Action RPG Yang Tak Dinantikan

Biasanya, sebuah game RPG membiarkan pemain menjelajahi banyak sisi permainan. Namun disini, pemain justru disodori oleh skenario cerita yang sedari awal sudah ada. Di sepanjang permainan, pemain akan dihadapkan dengan beberapa opsi interaksi dan setiap kali, pemain dibuat seakan-akan mereka bisa memilih jalan cerita sendiri.

Pada kenyataannya, hal tersebut tidak terjadi. Game tetap akan mengikuti skenario yang telah ada. Memang di lain sisi, hal tersebut baik karena mungkin beberapa orang menyukai jalan cerita yang memang telah diberikan oleh sang pengembang kepada kita.

Namun karena alasan RPG tadi, hal tersebut justru membatasi ruang gerak pemain untuk menjelajahi permainan Harry Potter: Hogwarts Mystery ini.

Grafis Tua, Dengan Akting Suara Yang Biasa Saja

Editor : Alexius Aditya

Latest