Follow Us

Apple Merayakan Ulang Tahun iMac ke-20

Bagus Hernawan - Senin, 07 Mei 2018 | 14:30
Apple Merayakan Ulang Tahun iMac ke-20

Tanggal 6 Mei 1988 bertempat di Flint Center, Steve Jobs resmi mengenalkan iMac sebagai komputer desktop terbaru dari Apple. Hari ini Tim Cook mengajak kamu mengenang produk iMac pertama dengan membagikan video dan penjelasan bahwa iMac adalah perangkat yang membut komputer tampil berbeda selamanya.

Kenapa Apple menyebut iMac sebagai komputer yang mengubah dunia? Di tahun 1998, semua komputer desktop diciptakan dengan desain yang kaku. Menggunakan bentuk Tower yang tinggi dan besar, warna kecoklatan (Beige) yang membosankan dan tidak ada unsur seni yang ditampilkan.

Hal ini sangat berbeda dengan iMac G3 yang dikenalkan Steve Jobs. Desainnya adalah sebuah monitor dengan mesin komputer yang langsung ada di dalamnya. Warna yang digunakan juga sangat cantik, menggunakan nama Bondi Blue yang diambil dari warna laut di daerah Australia. Beberapa bagiannya dibuat dengan warna transparan untuk mengajak kamu mengintip bagian dalam iMac setiap saat dengan mudah.

Bahkan iMac G3 bisa disebut sebagai produk yang paling tepat untuk menceritakan kembalinya Steve Jobs ke perusahaan tersebut. Terbukti saat presentasi di Flint Center, iMac menggunakan tampilan layar bertuliskan “hello (again)”. Semua orang pasti akan kembali mengingat bahwa di gedung yang sama, Steve Jobs pernah mengenalkan Mac 1984 dengan tajuk yang sama, “hello”.

Karena kecantikan desainnya, Steve Jobs bahkan menjelaskan bahwa iMac berasal dari “planet lain yang indah”. Desain warna yang sangat menarik tersebut akhirnya diteruskan oleh Apple dalam beberapa edisi iMac G3 berikutnya. Hal ini membuat iMac akhirnya hadir dalam beberapa warna dan menjadikan hal tersebut sebagai kekuatan di iklan mereka. Seperti menggunakan tagline Sorry, no beige, Chic. Not geek, High-technicolor, No artificial colors, The rebirth of cool dan masih banyak lainnya.


Baca Juga:


iMac, Si Penyelamat Apple

Bagi kamu yang belum tahu, produk iMac dirilis hanya beberapa bulan setelah Steve Jobs kembali ke Apple. Steve Jobs sebelumnya telah dipecat dari Apple selama 12 tahun dan perusahaann berjalan bagaikan tanpa arah. Beragam jenis produk dirilis saling tumpang tindih, harga yang sangat tinggi dan hutang ratusan juta dollar.

Editor : Bagus Hernawan

Latest