Follow Us

Apple Menghapus Aplikasi dengan Fitur CallKit di App Store Tiongkok

Bagus Hernawan - Senin, 21 Mei 2018 | 10:04
Apple Menghapus Aplikasi dengan Fitur CallKit di App Store Tiongkok

Apple kembali mengikuti perarturan dari pemerintah di Tiongkok untuk konten App Store. Kali ini adalah menghapus aplikasi yang mendukung Framework dari CallKit. Peraturan baru ini dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi di Tiongkok.

Langkah pertama yang dilakukan oleh Apple adalah mengirim pengumuman pada pengembang aplikasi yang menggunakan CallKit dan menyediakan aplikasinya di App Store regional Tiongkok. Para pengembang aplikasi harus menghapus dukungan CallKit atau menghentikan ketersediaan aplikasinya di regional tersebut.

Salah satu aplikasi ternama di negara tersebut yaitu WeChat, sudah menghapus fitur CallKit agar tetap tersedia di App Store. Tim MakeMac belum mendapatkan data atau catatan mengenai aplikasi lain yang menggunakan CallKit dan memilih untuk menghapus dukungannya di Tiongkok.

This crack down appears to have been a long time coming. Popular communication app WeChat briefly supported CallKit integration, though the feature was later removed.


Baca Juga:


Bagi kamu yang belum tahu, CallKit adalah Framework baru yang dikenalkan Apple sejak iOS 10. Dengan menggunakan CallKit, pengembang aplikasi dapat menggabungkan fitur panggilan telepon dan video dari aplikasinya ke tampilan panggilan telepon biasa. Catatan panggilan yang pernah dilakukan juga akan hadir di aplikasi Contact pada bagian Recents.

Apple memang selama ini selalu berusaha untuk mengikuti regulasi dari pemerintah Tiongkok seputar App Store. Mulai dari menghapus aplikasi VPN yang tidak sesuai aturan dasar transparansi di Tiongkok, hingga aplikasi berita New York Times dan Skype dari Microsoft.


5 Alasan Membeli Apple TV untuk Pengguna di Indonesia

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2018/05/19/apple-cracking-down-on-callkit-apps-in-china-app-store-due-to-government-regulation/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest