Follow Us

Google Chrome Hapus Indikator ‘Secure’ HTTPS di Versi Berikutnya

Bagus Hernawan - Senin, 21 Mei 2018 | 11:30
Google Chrome Hapus Indikator ‘Secure’ HTTPS di Versi Berikutnya

Google Chrome sebelumnya punya rencana untuk tampilan website dengan sistem HTTP dan HTTPS. Namun rencana ini dikembangkan atau lebih tepatnya saya sebut dibuat lebih sederhana dari catatan terbarunya.

Mulai Google Chrome versi 69 yang akan rilis pada bulan September 2018, website yang sudah menggunakan standar HTTPS tidak akan menampilkan tulisan ‘Secure’ berwarna hijau di bagian Address Bar, namun masih ada ikon gembok.

Selanjutnya pada Google Chrome 70, Google Chrome tidak lagi menampilkan ikon gembok di website yang sudah mendukung HTTPS. Sedangkan untuk website yang masih menggunakan standar HTTP, di versi Google Chrome 70 akan menampilkan tulisan ‘Not Secure’ dengan warna merah pada bagian Address Bar.


Baca Juga:


Apa alasan Google menggunakan standar baru tersebut? Dikutip dari laman sumber, tujuan utamanya adalah membuat tampilan lebih minimalis dan sudah seharusnya website yang menggunakan HTTPS akan lebih aman. Pengguna tidak perlu lagi melihat ikon gembok, tulisan ‘Secure’ dan lain sebagainya karena setiap kendala atau ancaman keamanan dari sebuah website yang dibuka, akan tampil secara otomatis sebagai pencegahan aktif dari Google

Users should expect that the web is safe by default, and they’ll be warned when there’s an issue.

Google juga berharap bahwa para pengembang website dapat segera menggunakan standar HTTPS untuk menjamin keamanan web dan juga pengguna yang melakukan akses ke dalamnya. Teknologi HTTPS juga diklaim sudah semakin murah dan mudah untuk diimplementasikan oleh pengguna. Bagaimana tanggapan kamu untuk rencana perubahan dari Google Chrome ini? Bagikan di kolom komentar ya!


Safari di macOS High Sierra Terbukti Lebih Hemat RAM

[source site_name = “Google” site_url = “https://blog.chromium.org/2018/05/evolving-chromes-security-indicators.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest