Follow Us

Update WhatsApp Tambah Fitur ‘Request Account Info’, Apa Gunanya?

Bagus Hernawan - Rabu, 30 Mei 2018 | 11:22
Update WhatsApp Tambah Fitur ‘Request Account Info’, Apa Gunanya?

WhatsApp merilis update 2.18.61 untuk pengguna perangkat iPhone. Fitur baru yang diberikan adalah ‘Request Account Info’. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk mengunduh (export) beragam informasi seputar akun yang kamu gunakan.

Dikutip dari laman WhatsApp, fitur ‘Request Account Info’ dapat membantu kamu mendapatkan data berupa informasi akun, pengaturan dan foto profil serta nama grup yang kamu ikuti. Fitur ‘Request Account Info’ tidak disediakan untuk mengunduh data pesan yang kamu kirim atau terima di WhatsApp ya.

The Request Account Info feature allows you to request and export a report of your WhatsApp account information and settings. Examples of this information include your profile photo and group names.


Baca Juga:


Cara Menggunakan ‘Request Account Info’ di WhatsApp

  1. Masuk ke WhatsApp – Settings – Account – Request Account Info.
  2. Tekan Request Report.
  3. Layar perangkat iPhone akan menampilkan pesan bahwa permintaan kamu telah dikirimkan.
WhatsApp juga menjelaskan bahwa laporannya akan tersedia dalam 3 hari sejak permintaan dilakukan. Kamu bisa melihat informasi waktu yang diberikan pada laman yang sama. Ketika laporan tersebut sudah tersedia, pengguna WhatsApp akan mendapatkan notifikasi dan dokumen bisa diunduh. Dokumen yang tersedia akan berupa file arsip dalam bentuk ZIP dengan rincian dokumen HTML dan JSON.

Fitur ini sepertinya hadir berkaitan dengan peraturan privasi data pengguna baru di daratan Eropa (biasa disebut GDPR – General Data Protection Regulation). Salah satu bagian dari peraturan baru tersebut adalah pengguna layanan aplikasi atau sosial media yang memiliki fitur menyimpan informasi pengguna, harus menyediakan fitur untuk mengunduh data tersebut secara mudah dan lengkap.

Sebagai tambahan catatan, update WhatsApp terbaru ini kabarnya juga memperbaiki masalah Preview notifikasi yang sebelumnya bermasalah. Yaitu pengguan tidak bisa melihat detail notifikasi WhatsApp berupa nama pengirim pesan dan pesannya dalam mode Lockscreen – padahal pengaturan Notification Preview tidak mengalami perubahan.

Download WhatsApp Messenger ร‚ยท Harga: Gratis

Thanks, Bayu!


12 Tips & Trik Menggunakan WhatsApp di iPhone


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest