Follow Us

Apple Menghapus Data Recovery Connector di MacBook Pro 2018

Bagus Hernawan - Selasa, 24 Juli 2018 | 12:55
Apple Menghapus Data Recovery Connector di MacBook Pro 2018

Apple mengenalkan MacBook Pro generasi baru (Touch Bar) di tahun 2016 dengan SSD yang terintegrasi alias tidak bisa dilepas. Karena hal tersebut, Apple punya sebuah port bernama Data Recovery Connector. Kegunaan dari port rahasia ini adalah mengambil data di dalam SSD pada MacBook Pro, ketika Logic Board tidak lagi berfungsi. Alat khusus ini juga hanya dimiliki oleh Apple atau Apple Authorized Service yang berwenang.

Namun ternyata di MacBook Pro 2018, teknologi Data Recovery Connector ini diam-diam telah dihapus. Dikutip dari laman MacRumors, teknologi tersebut dihapus Apple karena kehadiran Apple T2 Chip. Standar keamanan untuk Touch ID dan Touch Bar ini juga berlaku sebagai metode enkripsi untuk SSD di MacBook Pro 2018 dan juga iMac Pro.

The data recovery port was likely removed because 2018 MacBook Pro models feature Apple’s custom T2 chip, which provides hardware encryption for the SSD storage, like the iMac Pro, our sources said.

Baca Juga:

Sebagai catatan, metode Data Recovery Connector sebetulnya tidak diperlukan jika Logic Board di MBP masih bisa digunakan. Kamu dapat melakukan metode Target Disk Mode yaitu menggunakan kabel Thunderbolt 3 dan menghubungkan komputer tersebut ke MacBook Pro lain. Namun wajib dicatat, kondisi Logic Board harus masih bisa diakses bukan mati total.

Saat berita ini tim MakeMac bagikan, belum ada cara baru yang bisa menggantikan Data Recovery Connector di MacBook Pro 2018. Bahkan beberapa penyedia layanan sekuritas dan recovery data juga belum bisa menemukan cara baru yang dapat dilakukan.

Bagaimana pendapat kamu mengenai langkah Apple dalam menghapus Data Recovery Connector di MacBook Pro 2018? Apakah ini cara yang tepat untuk tetap menjaga keamanan data berkat kehadiran Apple T2 Chip? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

Pengujian Butterfly Keyboard di MacBook Pro 2018, Apakah Tahan Debu?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest