Follow Us

10 Fitur Baru di macOS Mojave

Alexius Aditya - Selasa, 25 September 2018 | 13:29
10 Fitur Baru di macOS Mojave

Apple telah merilis macOS terbarunya yang diberi nama macOS Mojave. Versi publik dari macOS 10.14 ini mengenalkan segudang pembaruan; mulai dari Dark Mode pada seluruh sistem, aplikasi baru tambahan seperti Apple News & Home, sampai soal bagaimana cara pengguna merapikan desktop miliknya.

Kesediaan

MacOS Mojave bisa diunduh secara gratis lewat Mac App Store. Namun sayangnya, kesediaan tersebut tidak berlaku bagi semua Mac. Berikut daftar Mac yang masih didukung oleh macOS Mojave menurut Apple:

  • MacBook Pro: pertengahan tahun 2012 keatas
  • MacBook Air: pertengahan tahun 2012 keatas
  • MacBook: semua model
  • iMac Pro: semua model
  • iMac: akhir tahun 2012 keatas
  • Mac Mini: akhir tahun 2012 keatas
  • Mac Pro: akhir tahun 2013 keatas, pertengahan tahun 2010 dan pertengahan tahun 2012 model dengan kartu grafis yang telah mendukung Metal.

Selamat Datang macOS Mojave!

OS versi terbaru milik Apple ini mengenalkan cara baru kepada pengguna untuk meningkatkan bagaimana cara mereka bekerja secara efektif dengan banyak file dan soal mengakses informasi. Perubahan yang terjadi disana-sini sayangnya harus mengorbankan sejumlah hal lain, seperti ditinggalkannya semua aplikasi yang masih memiliki infrastruktur 32-bit. Tidak hanya itu saja, fitur Back to my Mac akhirnya harus dihapus di macOS Mojave.

Berikut ini 10 fitur terbaru di macOS Mojave yang harus kamu coba segera:

1. Dark Mode

Seperti terlihat dari namanya, fitur baru dari macOS Mojave ini akan membuat warna Dock dan menu bar dari Mac milik pengguna menjadi gelap. Perubahan terjadi secara menyeluruh, termasuk pada sistem dan aplikasi, termasuk aplikasi bawaan seperti Finder, Safari, Photos, dan iTunes, serta aplikasi pihak ketiga seperti 1Password, Things, Spark. Lewat fitur ini, Mac yang tadinya tampil putih menyala menjadi hitam gelap, membuat mata lebih nyaman saat bekerja pada malam hari.

Pengguna bisa merubah secara manual antara Light Mode dan Dark Mode lewat System Preferences, dibawah General. Sayangnya, untuk saat ini tidak ada opsi untuk merubah antara dua mode tersebut secara otomatis. MacOS Mojave juga mengenalkan 8 tampilan warna berbeda yang bisa digunakan pengguna untuk merubah tampilan Mac miliknya.

2. Stacks, Cara Baru Merapikan Desktop

Lewat Stacks, pengguna tidak lagi dipusingkan dengan banyaknya file yang tersebar di desktop setelah Mac digunakan untuk bekerja. Stacks secara otomatis merapikan, memilah file, dan menyatukannya ke dalam satu folder berdasarkan tipe, seperti file gambar, file presentasi, file PDF, dan file text.

Pengguna bisa merubah aksi dari Stacks sesuai dengan keinginan mereka. Seperti meminta Stacks untuk mengatur file berdasarkan atribut, termasuk tanggal ataupun tag. Stacks kemudian bisa diakses dengan hanya satu kali klik untuk melihat semua file yang ada di dalamnya.

3. Dynamic Desktop

Penampilan berubah tidak hanya terjadi dari dalam saja, namun juga dari luar. Untuk pertama kalinya, macOS Mojave mengenalkan fitur baru yang akan merubah background seiring dengan berjalannya waktu dalam sehari.

Background Mac yang menampilkan padang gurun pasir akan memiliki langit yang terang di pagi hari, namun menjelang malam, langit akan menjadi gelap seperti layaknya di dunia nyata.

Editor : Alexius Aditya

Latest