Follow Us

Review macOS Mojave, Lebih Rapi & Aman Dalam Gelap

Alexius Aditya - Senin, 01 Oktober 2018 | 16:06
Review macOS Mojave, Lebih Rapi & Aman Dalam Gelap

Sebagai seorang yang menggunakan iPhone dan Mac secara bergantian dalam keseharian, saya lebih menantikan datangnya pembaruan besar untuk iOS dibandingkan dengan macOS. Alasannya sederhana, karena menurut saya beberapa seri macOS terakhir ini terasa kurang memihak untuk saya yang merupakan pengguna awam. Apple terlalu fokus kepada pembaruan yang terjadi di belakang layar, sehingga apa yang tertampil di depan menjadi kurang terasa.

Saya tidak meragukan bahwa macOS High Sierra memang merupakan OS yang lebih baik dibandingkan dengan macOS Sierra. Namun sayangnya, perbedaan yang ada tidak mencolok bagi mata awam saya.

Tidak bisa dipungkiri, ketika Apple mempamerkan sebuah OS baru, harapannya adalah bagaimana fitur dan segudang pembaruan tersebut akan memiliki efek nyata dalam kehidupan sehari-hari saya. Sebuah pembaruan signifikan yang bisa membuat pengalaman saya menggunakan Mac menjadi lebih menyenangkan dan efektif dibandingkan sebelumnya.

Apakah lalu hal tersebut menjadi termasuk standar yang terlalu tinggi untuk menjadi sebuah review? Saya tidak tahu. Namun saya tahu jelas bahwa saya sendiri berhak untuk menentukan penilaian tersebut. Untuk itu, saya mencoba macOS Mojave bahkan pada saat OS ini masih dalam versi beta. Karena tidak ada cara yang lebih baik untuk menilai bagaimana sebuah OS bisa bekerja dengan baik selain dengan menggunakannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari dan melihat apakah benar ada perubahan yang terjadi disana.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya tidak akan mengklaim bahwa review dibawah telah mencakup semua fitur dari macOS Mojave. Tapi paling tidak, saya bisa bercerita tentang bagaimana kesan saya saat menggunakan macOS Mojave dan tentang fakta bahwa macOS Mojave mungkin telah merubah cara saya menggunakan Mac, mulai dari sekarang.

Bekerja Dalam Gelap Bersama Dark Mode

Seperti diketahui, menulis adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan mood. Oleh karena itu, saya seringkali memilih untuk bekerja pada malam hari. Alasannya sederhana. Suasana yang hening membuat saya bisa berkonsentrasi lebih cepat dan lama.

Hal yang biasanya membantu saya pada saat itu adalah menyematkan wallpaper bernuansa gelap untuk tampilan desktop, serta menggunakan tema gelap untuk semua aplikasi yang saya gunakan untuk bekerja. Lebih ekstrem lagi, saya menggunakan aplikasi F.lux untuk meredamkan warna layar, supaya warnanya menjadi lebih ramah untuk mata, terutama dalam penggunaan malam hari. Semua hal tersebut dilakukan hanya untuk membuat saya bisa bekerja lebih lama dalam kegelapan.

Semua aktivitas tersebut berubah saat saya menggunakan macOS Mojave yang telah memiliki fitur Dark Mode. Fitur yang tersedia lewat pengaturan ‘System Preferences’, dibawah ‘General’ ini telah merubah penampilan dari Mac yang saya gunakan untuk lebih ramah di mata saat malam hari dengan membuat tampilan desktop beserta teman-temannya menjadi gelap. Mulai dari menu bar sampai tampilan dock berubah dari yang mulanya lebih cenderung terang, menjadi warna gelap.

Bahkan aplikasi bawaan Apple pun berubah nuansanya menjadi gelap. Apple tidak berhenti sampai disitu. Mereka juga menghadirkan fitur bernama Dynamic Wallpaper, yang membuat wallpaper pada Mac berubah sesuai dengan waktu dimana kamu berada sekarang. Jadi ketika saya membuka Mac pada pagi hari, wallpaper saya akan menampilkan sebuah padang pasir di pagi hari. Sedangkan ketika saya sedang bekerja di malam hari, langit di padang pasir itupun berubah menjadi langit malam.

Bagi sebagian orang, fitur diatas mungkin tidak terlalu merubah keadaan. Tapi bagi saya, hal tersebut merupakan perubahan besar. Saya tidak perlu lagi mengatur aplikasi satu-persatu, untuk menampilkan tema gelap seperti yang saya butuhkan sebelumnya. Saya tidak lagi dipusingkan dengan memilih warna wallpaper. Dan yang paling penting, mata saya tidak lagi kaget dengan tampilan Mac yang mencolok mata ketika saya sedang ingin bekerja pada malam hari karena MacOS Mojave telah mempersiapkannya untuk saya.

Stacks, Pelayan Terbaik untuk Desktop

Walaupun mungkin tidak terlihat dari luar, saya adalah orang yang suka kerapian, terutama rapi dalam hal file di dalam komputer. Maka dari itu, saya hampir tidak pernah menyimpan suatu file apapun pada desktop. Apalagi, banyaknya file yang tersimpan pada desktop terbukti bisa membuat Mac milikmu berjalan lebih lambat.

Editor : Alexius Aditya

Latest