Follow Us

Google Segera Tutup Google+ Karena Masalah Celah Keamanan

Bagus Hernawan - Selasa, 09 Oktober 2018 | 11:00
Google Segera Tutup Google+ Karena Masalah Celah Keamanan

Google akan segera menutup layanan Google+ untuk pengguna publik. Proses penutupan Google+ akan dilakukan secara bertahap dan memerlukan persiapan hingga 10 bulan ke depan. Dikutip dari The Verge (via Google Blog), alasan Google menutup Google+ adalah adanya celah keamanan yang telah membocorkan data profil pengguna dan sudah diperbaiki pada Maret 2018.

Alasan lainnya adalah aktivitas pengguna Google+ yang sangat rendah yaitu 90% pengguna hanya mengakses kurang dari 5 detik dalam setiap sesinya.

Google says Google+ currently has “low usage and engagement” and that 90 percent of Google+ user sessions last less than five seconds

Baca Juga:

Namun Google kabarnya akan tetap mempertahankan Google+ untuk kalangan perusahaan. Karena di kalangan tersebut, aktivitas penggunanya masih cukup tinggi, mengingat banyak kelompok kerja yang menggunakan Google+ untuk komunikasi antar anggota tim. Bahkan kabarnya dalam waktu dekat Google akan memberikan fitur baru bagi kalangan Google+ di perusahaan, berbasis pada sosial media yang lebih aman.

Selain pengumuman untuk menutup Google+, ada beberapa hal lainnya yang dijelaskan seputar peningkatan keamanan di Google. Beberapa diantaranya adalah penggunaan API yang lebih terbatas di perangkat Android dan Gmail, akses ke aplikasi kontak dan foto yang lebih diperbaiki serta beberapa hal lainnya. Semuanya disebut sebagai Project Strobe. Catatan lengkapnya dapat kamu simak di laman Google Blog ya.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang biasa menggunakan Google+? Bagaimana tanggapan kamu mengenai rencana Google untuk menutup layanan tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!

Resmi, Path Tutup Layanan Mulai 18 Oktober 2018


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest