Follow Us

Apple Batalkan Produksi Tambahan iPhone XR Jelang Musim Liburan

Bagus Hernawan - Selasa, 06 November 2018 | 10:11
Apple Batalkan Produksi Tambahan iPhone XR Jelang Musim Liburan

Produk iPhone XR yang dijual belakangan (setelah iPhone XS dan iPhone XS Max), kabarnya tidak mendapatkan angka penjualan yang baik. Dikutip dari Nikkei Asian, Apple telah menghubungi pabrik perakit iPhone XR yaitu Foxconn dan Pegatron untuk menghentikan rencana jalur produksi tambahan.

“For the Foxconn side, it first prepared nearly 60 assembly lines for Apple’s XR model, but recently uses only around 45 production lines as its top customer said it does not need to manufacture that many by now,”

Sesuai dengan kutipan di atas, Foxconn awalnya sudah menyiapkan 60 jalur perakitan untuk iPhone XR. Namun saat ini hanya menggunakan 45 jalur saja karena Apple merasa tidak perlu membuat produksi tambahan.

Baca Juga:

Itu artinya Foxconn akan memproduksi sekitar 100 ribu unit lebih sedikit setiap harinya. Dalam angka prosentase, sekitar 20% hingga 25% lebih sedikit dibandingkan prediksi terbaik saat iPhone XR rilis.

Pihak pabrikan lain yaitu Pegatron yang juga berada di Taiwan, kabarnya tidak jauh berbeda. Mereka menunggu perintah dari Apple untuk masalah penambahan produksi atau tetap di jalur yang saat ini sedang dilakukan.

Perusahaan lain yang bekerjasama dengan Apple untuk perakitan iPhone XR adalah Wistron. Namun Wistron lebih digunakan sebagai strategi tambahan saat Apple memerlukan pasokan lebih banyak dalam waktu singkat.

Jika semuanya terjadi seperti catatan di atas, Wistron mungkin tidak akan mendapatkan pesanan dari Apple untuk penjualan iPhone XR di musim liburan akhir tahun.

Di sisi lain, perangkat iPhone 8 dan iPhone 8 Plus justru menjadi lebih laris sejak iPhone XR rilis. Ya, Apple memang masih menjual iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dan membuatnya hadir dalam harga lebih murah.

Permintaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus justru meningkat sekitar 5 juta unit. Apple awalnya berencana memesan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan jumlah total 20 juta unit kepada pabrikannya.

Namun akhirnya berubah menjadi 25 juta unit untuk kuartal 4 tahun 2018. Sebagai tambahan catatan, Foxconn adalah penyuplai utama untuk iPhone 8 Plus sedangkan Pegatron memegang iPhone 8.

iFixit Bongkar iPhone XR, Desainnya Gabungan dari iPhone 8 dan iPhone X


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest