Follow Us

HomePod Terjual 600 Ribu Unit dalam Kuartal Pertama 2018

Bagus Hernawan - Jumat, 18 Mei 2018 | 10:34
HomePod Terjual 600 Ribu Unit dalam Kuartal Pertama 2018

Perangkat HomePod masih menjadi satu-satunya Smart Speaker buatan Apple. Jika dilawan dengan beberapa merek pesaing, HomePod masih kalah jauh dalam hal penjualan. Dikutip dari catatan Strategy Analytics, HomePod terjual sekitar 600 ribu unit dalam kuartal pertama di tahun 2018. Angka ini hanya mengusai 6% di kelas market share perangkat Smart Speaker.

Strategy Analytics claims that Apple during the first quarter of 2018 sold 600,000 units, earning it a market share of about 6%

Baca Juga:

Sebagai pembanding, Amazon berhasil menjual produk Echo hingga 4 juta unit. Hal ini membuat produk Smart Speaker tersebut menguasai 43.6% market share. Predikat kedua dipegang oleh Google dengan 2.4 juta unit dan 26.5% market share. Bahkan jika dibandingkan produk dari Alibaba, Apple HomePod masih kalah 1 tingkat. Ya, Alibaba berhasil menjual sekitar 700 ribu produk Smart Speaker mereka dan sebagian besar ada di pasaran Tiongkok.

Apa penyebab HomePod kurang diminati, meskipun punya banyak fitur menarik dan canggih? Beberapa analis menyebutkan bahwa Apple memasang harga yang terlalu mahal untuk HomePod yaitu $349. Smart Speaker pesaing masih bermain di angka lebih rendah atau bahkan hanya di angka $99 untuk Amazon Echo.

Analisa lain adalah Apple tidak memberikan ruang cukup banyak untuk penggunaan HomePod di luar produk Apple. Yaitu tidak memberikan koneksi Bluetooth, Headphone Jack dan lain sebagainya. Semua hanya terbatas pada teknologi AirPlay dan Apple Music serta beberapa layanan bawaan dari Apple untuk menikmati HomePod secara lebih maksimal.

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2018/05/17/apple-homepod-shipments/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest