5 Alasan Membeli Mac Mini 2018

Rabu, 21 November 2018 | 17:19

Mac Mini 2018

Perangkat Mac Mini akhirnya mendapatkan versi baru setelah lebih dari 4 tahun tanpa kabar. Versi terbaru dari komputer desktop paling imut dari Apple ini dijual mulai dari $799 dengan spek 3.6GHz quad-core 8th-generation Intel Core i3 processor, 8GB RAM dan 12GB SSD.

Bagi kamu yang sedang mencari komputer Mac pertama untuk menemani bekerja atau mungkin belajar, Mac Mini 2018 bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Apa saja hal terbaik dari Mac Mini 2018 yang harus kamu tahu dan membuatnya layak dibeli?

1. Spesifikasi Cukup Kencang

Dalam spek standar yang diberikan, Mac Mini ada dalam pilihan 3.6GHz quad-core 8th-generation Intel Core i3 processor dan 3.0GHz 6-core 8th-generation Intel Core i5 processor.

Dengan kecepatan CPU tersebut, Mac Mini cukup bersaing dengan produk MacBook Pro Touch Bar dan juga MacBook Air Retina Display.

Sehingga meskipun ukurannya mini, komputer ini mampu kamu gunakan untuk melakukan beragam proses berat seperti editing video, pemrograman kompleks dan beragam lainnya.

2. Masih Mendukung Upgrade RAM

Sudah membeli Mac Mini dengan spek 8GB RAM? Mungkin sekarang masih sangat kencang, namun beberapa tahun lagi, bisa saja 8GB RAM akan membuat proses kerja terasa lama alias lemot.

Tenang, Mac Mini 2018 masih hadir dengan RAM yang bisa diganti dengan mudah. Yaitu menggunakan 2 slot RAM yang artinya kamu bisa mengganti dengan 2 x 8GB RAM atau 2 x 16GB RAM.

3. Port Thunderbolt 3, Mendukung eGPU

Sebuah port baru yang ada di Mac Mini 2018 adalah Thunderbolt 3. Teknologi ini membuat kamu dapat menggunakan monitor dengan port Thunderbolt 3 atau menggunakan aksesoris eGPU.

Bagi kamu yang belum tahu, eGPU adalah aksesoris kartu grafis eksternal yang dapat meningkatkan performa komputer Mac tanpa bongkar hardware. Cukup hubungkan aksesoris eGPU lewat port Thunderbolt 3 dan gunakan aplikasinya.

Dengan menggunakan eGPU, kamu bisa mendapatkan performa grafis lebih tinggi dari bawaan dan tidak perlu membeli komputer baru.

Baca Juga : iPad Pro Digunakan Sebagai Layar Mac Mini dengan Luna Display

4. Port Lain yang Cukup Lengkap

Jika MacBook Air Retina hadir dengan sepasang port Thunderbolt 3 dan 3.5mm Headphone Jack yang sangat minimalis, Mac Mini punya konfigurasi yang tetap lengkap.

Yaitu Ethernet, 4 port Thunderbolt 3 (USB-C), HDMI 2.0, 2 port USB 3.0, dan 3.5mm Headphone Jack.

Itu artinya Mac Mini masih menjadi komputer Mac paling mini dengan port yang tetap lengkap, salah satunya Ethernet yang sudah lama dibuang oleh Apple untuk deretan komputer Mac berbasis laptop.

5. Custom Order dengan Spek Luar Biasa

Sudah sangat jatuh cinta dengan Mac Mini sejak lama? Jika iya, kamu bisa membelinya dengan spek Custom Order yang sangat bertenaga.

Apple memberikan spek maksimal untuk Custom Order perangkat Mac Mini dengan konfigurasi 3.0GHz 6‑core 8th‑generation Intel Core i5 (Turbo Boost up to 4.1GHz), 64GB RAM, 2TB SSD, dan 10 Gigabit Ethernet Port.

Harganya? Tentu tidak murah. Kamu harus merogoh $4.199 alias 60 jutaan untuk konfigurasi Mac Mini paling tinggi.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya