Konten In-App Purchases di App Store Dapat Dihadiahkan

Kamis, 20 Desember 2018 | 13:00

Apple diam-diam mengubah sebuah aturan di App Store Guidelines atau pedoman untuk pengembang aplikasi dalam menjual kontennya di App Store.

Menurut 9To5Mac, bagian yang diubah adalah mengijinkan mode gift atau menghadiahkan konten in-app purchases. Selama ini Apple hanya membuka fitur gift untuk games, aplikasi, atau konten berbayar lainnya di iTunes Store.

Berikut ini kutipan perubahan yang dibuat oleh Apple:

Old text: Apps should not directly or indirectly enable gifting of in-app purchase content, features, or consumable items to others

New text: “Apps may enable gifting of items that are eligible for in-app purchase to others. Such gifts may only be refunded to the original purchaser and may not be exchanged.”

Baca Juga: Apple Rilis Fitur ‘Tambah Dana’ di App Store iOS 11

Sesuai kutipan di atas, mode gift untuk konten in-app purchases hanya dapat dikembalikan (refund) oleh akun yang membelinya saja dan tidak dapat ditukarkan.

Sayangnya penjelasan di App Store Guidelines untuk mode gift konten in-app purchases masih kurang jelas.

Dikutip dari beberapa sumber, kabarnya fitur ini lebih dimaksudkan bahwa pengembang aplikasi dapat membuat fitur gift di dalam aplikasi mereka. Tidak dibuat seperti fitur gift aplikasi, games atau lainnya yang selama ini dapat terlihat langsung di App Store.

Sebagai tambahan, Fortnite beberapa waktu lalu sudah memberikan fitur Gift dalam update terbarunya.

Sayangnya fitur ini tidak dapat dihadirkan di App Store karena aturan dari Apple. Kita tunggu saja ya, apakah dalam waktu dekat mode ini dapat diterima di App Store berkat aturan baru.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya