Lagi, Karyawan Apple Curi Rahasia Proyek Mobil Kemudi Otomatis

Kamis, 31 Januari 2019 | 15:07

Apple kembali kecolongan di bagian proyek mobil kemudi otomatis yang selama ini detialnya masih dirahasiakan.

Salah satu karyawannya yang bernama Jizhong Chen diketahui telah mencuri data rahasia seputar “Project Titan”, nama rahasia untuk proyek yang dikerjakan oleh Apple terkait dengan mobil dengan kemudi otomatis.

Dikutip dari NBC Bay Area, FBI dan Apple Global Security menemukan banyak data rahasia milik Apple di komputer pribadi Jizhong Chen. Di perangkat tersebut juga ditemukan ratusan foto di dalam gedung Apple.

Chen, according to the complaint, allowed Apple Global Security employees to search his personal computer, where they found thousands of files containing Apple’s intellectual property, including manuals, schematics, and diagrams.

Baca Juga: FBI Tangkap Mantan Karyawan Apple yang Diduga Curi Rahasia Proyek Mobil Kemudi Otomatis

Setelah dicek lebih lanjut, Chen ternyata sudah melamar kerja di sebuah perusahaan berbasis kendaraan otonom di Tiongkok.

Perusahaan tersebut tentu saja bersaing dengan Apple dan bisa saja upaya yang dilakukan Chen adalah suruhan mereka.

Pihak FBI kini sudah mengantongi bukti kuat berupa gambar-gambar rangkaian kabel untuk kendaraan otonom buatan Apple. Pria ini ditangkap sehari sebelum rencananya terbang ke Tiongkok.

Beberapa bulan lalu juga pernah ada karyaawan Apple yang tertangkap mencuri data rahasia seputar pengembang mobil otonom oleh Apple.

Setelah melakukan beberapa penyelidikan, Apple langsung melimpahkan kasus ini ke FBI dan pelaku tersebut segera tertangkap.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya